Home » Fakta Menarik Motor Yamaha 125Z, Motor Jadul yang Mahal

Fakta Menarik Motor Yamaha 125Z, Motor Jadul yang Mahal

by AdminOto
OTOBIKES - Motor Yamaha 125z Viral Ternyata Segini Harga Secondnya

Fakta Unik Yamaha 125z

OTOBIKES – Motor Yamaha 125z sempat viral beberapa waktu lalu saat pelajar SMA mengendarainya. Pasalnya, sejumlah teman-temannya menyoraki remaja tersebut karena menggunakan motor jadul.

Remaja yang menyoraki siswa SMA yang mengendarai motor Yamaha 125z mengira, temannya itu tidak memiliki motor baru yang keren dan mahal. Padahal, jika mengetahui harga motor keluaran 1998 sampai 2005 tersebut cukup mahal.

Melansir dari berbagai sumber, motor Yamaha 125z memiliki harga jual rata-rata 80 juta rupiah. Bahkan, jika kondisinya masih mulus, motor yang terakhir produksi internasional pada tahun 2017 ini bisa mencapai 90 juta rupiah.

Oleh karenanya, harga bekas dari motor Yamaha jadul satu ini lebih mahal dari motor-motor terbaru lainnya. Apalagi, untuk jenis motor bebek dengan kapasitas mesin 125cc.

Salah satu keunggulan dari motor ini adalah tampilan bodi sporti dan merupakan motor bebek yang paling banyak peminat pada masanya. Bahkan, motor ini menjadi salah satu model andalan Yamaha di ajang balap motor OnePrix.

Karenanya, motor Yamaha 125z merupakan pelopor motor sport jenis bebek di dunia, terutama di Indonesia. Meskipun tampilannya saat ini sudah ketinggalan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini kami sajikan sejumlah fakta menari dari Yamaha 125z yang sempat viral  di media sosial beberapa waktu lalu.

Motor Paling Laris di Malaysia

Saat pertama kali produksi tahun 1998, Yamaha 125z menjadi salah satu brand paling laris di Malaysia. Karenanya, Yamaha kemudian membuat berbagai varian baru untuk memberi banyak pilihan kepada konsumen.

Besarnya antusiasme pengguna motor di Malaysia membuat PT Yamaha Motor Kencana Kencana (YMKI) kemudian ikut memasarkannya di tanah air. Motor yang ada di Indonesia merupakan produksi langsung dari Yamaha Malaysia.

Motor ini kemudian mulai rilis di Indonesia pada tahun 2022. Sayangnya, antusiasmen masyarakat Indonesia terhadap brand ini tidak terlalu tinggi. Salah satu alasannya adalah konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang terlalu boros.

Pasalnya, di saat bersamaan berbagai merk otomotif saingan Yamaha saat itu gencar mempromosikan motor irit BBM. Misalnya Honda dengan Supra Fit, Kharisma, dan Supra X, serta Suzuki yang mengeluarkan brand motor Smash.

Kendati begitu, motor Yamaha 125z tetap memiliki segmen tersendiri yakni pecinta balap. Hal ini karena motor ini memiliki akselerasi yang lebih kencang, serta mesin yang bandel di segala medan jalan.

Di trek lurus, motor yang memiliki kapasitas mesin 125cc ini mampu melaju hingga 150 km per jam. Angka tersebut melebihi kecepatan rata-rata dari motor dengan mesin yang sama dari pabrikan lain.

Oleh karenanya, Yamaha 125z sangat cocok untuk pecinta balap, terutama kalangan muda. Hal itu pula yang membuat motor bebek satu ini menjadi andalan Yamaha di OnePrix.

Spesifikasi dan Harga Motor Yamaha 125z

Selain akselerasi yang kencang, motor Yamaha satu ini juga memiliki sejumlah spesifikasi yang unggul pada masanya. Motor ini memiliki 6 transmision manual yang cocok untuk balapan.

Tenaga standar motor ini mencapai 17,2 dk pada 8.000 rpm dan torsi 16,1 Nm pada 7.500 rpm. Karenanya, tidak heran jika motor ini masih memiliki banyak peminat, terutama untuk pecinta balap.

Untuk sasis atau kerangka, motor ini menggunakan baja logam, sehingga lebih awet. Selain itu, tampilannya yang slim membuat motor ini tidak terlalu berat, serta dan bersahabat untuk semua kalangan.

Selain itu tinggi rangka motor ini adalah 778 mm. Karenanya, tidak terlalu tinggi untuk ukuran remaja. Selai  itu, bodinya yang enteng membuat motor ini mudah dikendarai.

Meskipun sudah tidak produksi, tetapi motor ini tetap banyak dicari penggemar otomotif. Bahkan, di tahun 2019 lalu, harga per unit Yamaha 125z bekas bisa mencapai ratusan juta. Harga motor yang mencapai ratusan juta merupakan produk dengan surat-surat lengkap serta modifikasi.

Untuk saat ini, harga motor Yamaha ini berada di kisaran 60-80 jutaan rupiah. Angka tersebut cukup tinggi untuk ukuran motor second. Apalagi, saat masih produksi motor Yamaha 125zr atau versi terbarunya mencapai harga maksimal 20 juta rupiah.

Itu tadi ulasan mengenai motor Yamaha 125z yang sempat viral di media sosial. Semoga informasi mengenai spesifikasi, harga, serta fakta unik lainnya di atas bermanfaat bagi pembaca.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.