Home » Naik Motor di Jalanan Licin, Ini Triknya

Naik Motor di Jalanan Licin, Ini Triknya

by AdminOto
Tips berkendara

OTOBIKES – Menunggangi sepeda motor di musim hujan tentunya akan semakin meningkatkan risiko terjadinya slip. Hal ini terjadi karena permukaan jalan yang licin akibat karena air hujan.

Melintasi jalan basah, tentunya membutuhkan trik tersendiri agar bisa tiba di tujuan dengan cepat. Dalam hal ini keselamatan adalah hal paling penting yang harus didahulukan.

Berikut ini 6 langkah aman berkendara di jalan yang licin dikutip dari laman resmi Wahana.

1. Jaga jarak

Yang pertama-tama penting untuk diingat adalah untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan. Soalnya, kalau si pengendara di depan mengerem mendadak, Sobat masih punya cukup waktu untuk ikut mengerem. Jangan lupa, ini skenario ketika jalanan basah dan licin.

2. Hidupkan lampu utama

Apabila motor kesayangan Sobat masih memakai sistem manual, selalu nyalakan lampu depan motor ketika hendak berkendara di jalanan yang licin. Namun pada motor keluaran baru, biasanya lampu depan akan langsung menyala ketika mesin dihidupkan.

Menyalakan lampu utama ini penting untuk mengantisipasi kondisi jalanan di depan. Selain itu, pengendara lain juga terbantu untuk melihat keberadaan Sobat.

3. Pastikan kondisi ban

Idealnya, sebelum mengendarai motor, cek terlebih dahulu kondisi ban. Soalnya, berkendara dengan ban motor yang sudah botak, di jalanan yang licin, semakin meningkatkan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, jangan tunggu sampai ban sudah botak, baru menggantinya.

4. Kurangi kecepatan

Saat melalui jalanan licin, turunkan kecepatan motor, tak hanya ketika berbelok, tapi juga saat melajut lutur. Dengan cara ini, Sobat bisa semakin terhindari dari risiko kecelakaan.

5. Hindari helm dengan kaca gelap

Langkah aman berikutnya ketika berkendara di jalanan licin adalah dengan tidak memakai helm yang berkaca gelap. Sebab ternyata, helm yang dilengkapi kaca gelap, malahan membuat pandangan lebih terbatas. 

6. Pastikan kondisi jalan sebelum menyalip

Sebelum Sobat menyalip kendaraan yang ada di depan, pastikan kondisi jalanan sudah aman. Jika jalanan yang Sobat lalui memiliki dua arah, maka pastikan arah berlawanan telah kosong dari kendaraan lain, sebelum mendahului.

Setelah membekali diri dengan tips berkendara di jalanan yang licin, pastikan Sobat juga memakai jas hujan yang sesuai standar keselamatan, ketika harus menghadapi hujan di tengah jalan.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.