Home » Oli Mineral atau Oli Sintetik, Mana yang Lebih Baik?

Oli Mineral atau Oli Sintetik, Mana yang Lebih Baik?

by zizi
Ilustrasi Ganti Oli.* (FOTO: Pinterest)

OTOBIKES,- Oli memiliki peranan yang sangat vital pada kendaraan.  Oli berguna untuk melumasi bagian mesin yang bergesekan.  Selain itu juga berfungsi untuk mendinginkan dan memindahkan panas. Oli ini ternyata memiliki bahan dasar yang berbeda dan biasanya terbagi menjadi dua jenis yaitu oli mineral dan sintetis

Yang pertama ada oli mineral, terbuat dari minyak bumi.  Kemudian diolah dan disempurnakan lalu menambahkan zat-zat aditif utnuk meningkatkan kemampuan dan fungsinya. Oli ini memiliki karakteristik lumayan kental.  Serta memiliki kandungan sulfur yang tidak cocok untuk teknologi motor terbaru. Tetapi jika menggunakan piston dan blok piston baru, sebaiknya menggunakan oli mineral.

Struktur molekul yang terdapat didalamnya tidak rata sehingga bisa membantu komponen untuk saling mengikis.  Serta membuat komponen mesin baru bisa langsung pas dan beradaptasi lebih cepat. Kemudian oli mineral juga memilki kekurangan pada daya melepas panasnya.

Sementara untuk oli sintetik lahir dari perkembangan teknologi lewat rekayasa kimia.  Kandungannya pun berbeda dan memiliki struktur molekul yang lebih baik.  Juga memiliki tingkat kekentalan tidak terlalu tinggi dan membuatnya lebih cocok untuk mesin-mesin kendaraan modern.

Selain itu, oli sintetik juga memiliki kemampuan melepas panas yang lebih baik.  Sehingga tidak mudah teroksidasi dan menguap.  Juga membuatnya memiliki usia pakai yang lebih lama dibanding mineral.

Namun, oli sintetik memiliki harga lebih tinggi dibanding dengan oli mineral.  Namun hal itu tentunya sepadan dengan teknologinya.  Meski memiliki molekul dan teknologi yang terbaik, ternyata tidak semua kendaraan cocok untuk memakai oli ini. Oli ini memiliki tingkat kekentalan yang rendah sehingga kurang pas untuk kendaraan yang menggunakan mesin teknologi lama.

Jadi, mana yang lebih baik? Jawabannya adalah kembali pada kendaraan.  Jika kendaraan sudah menggunakan teknologi mesin terkini, bisa memilih oli sintetik.  Oli ini membantu dengan adanya molekul pintar, pembersih mesin atau pendingin mesinnya.  Sementara untuk kendaraan lama sebaiknya menggunakan oli mineral, karena memiliki spesifikasi yang lebih sesuai.* (RENALDI)

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.