Home » Penjualan Sepeda Motor di 2021 Telah Lampaui Capaian Tahun Lalu

Penjualan Sepeda Motor di 2021 Telah Lampaui Capaian Tahun Lalu

by Ricky P
Sepeda motor baru

OTOBIKES – Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) memprediksi penjualan sepeda motor akan meningkat di 2021. Tak tanggung-tanggung, diprediksi jumlah penjualan sepeda motor baru di Indonesia akan mencapai 5.1 juta hingga 5.4 juta unit.

Peningkatan yang terjadi pun sebenarnya sudah dirasakan dari sekarang. Pasalnya, penjualan sepeda motor sepanjang Januari hingga September telah mencapai 3.7 juta unit, lebih besar ketimbang total penjualan di tahun 2020 yang hanya meraih 3.66 juta.

“Memang sempat terjadi penurunan penjualan saat gelombang kedua pandemi meninggi pada Juli dan Agustus. Namun sejalan dengan terkendalinya Covid-19, pasar pun mulai membaik. Secara keseluruhan tahun ini kami perkirakan pasar motor akan mencapai 5 juta unit. Sebelumnya kami prediksi 4,3 juta-4,6 juta unit,” terang Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala.

Baca juga : Ini Keunggulan Sepeda Motor Bertransmisi Otomatis

Meski sudah membaik, Ia mengakui bahwa kondisi penjualan sepeda motor masih belum pulih sepenuhnya. Terlebih untuk mencapai angka 6.4 juta unit atau setara dengan jumlah penjualan sepeda motor baru sebelum masa pandemi.

Sayangnya di 2022, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi untuk mencapai harapan tersebut. Mulai dari kebijakan pemerintah terkait sepeda motor baru hingga potensi adanya gelombang ketiga pandemic Covid-19 pada awal tahun.

“Tahun depan kami tetap memiliki tantangan terutama untuk mengelola dampak kenaikan PPN 11 persen yang berpotensi menaikkan harga jual. Selain itu, kami harapkan harga komoditi juga bisa kondusif nanti,” ujar Sigit.

Selain pasar domestik, AISI juga menaruh banyak harapan di 2022 untuk pasar ekspor. Mereka berharap jumlah sepeda motor yang bisa diekspor bisa meningkat sekitar 15 persen hingga 20 persen dibanding tahun ini.

Perbaikan ekonomi di negara tujuan ekspor menjadi salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan target tersebut. Terlebih saat ini sepeda motor yang diproduksi di Tanah Air sudah semakin kompetitif.

“Kami harapkan ekspor tahun ini bisa menyamai angka ekspor 2019 sebelum pandemi, yaitu di angka sekitar 800.000 unit. Tentu ini akan memperkuat kontribusi industri sepeda motor ke devisa negara,” tutup Sigit.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.