Home » Penyakit Kambuhan Motor Matik yang Bikin Bete

Penyakit Kambuhan Motor Matik yang Bikin Bete

by AdminOto
penyakit kambuhan motor matik

OTOBIKES – Motor matik ternyata memiliki penyakit kambuhan yang bisa bikin bete jika tidak segera ditangani secara berkala.

Motor matik merupakan salah satu jenis kendaraan roda dua yang tengah hits di Indonesia saat ini. Kuda besi ini sangat praktis digunakan terutama di kota-kota besar di Tanah Air.

Penggunanya sendiri mencakup banyak kalangan umur maupun strata sosial. Baik pria maupun wanita merasa nyaman mengendarai motor yang serba praktis ini.

Namun di balik itu semua, motor matik masih memiliki beberapa penyakit kambuhan yang patut diwaspadai. Hal ini akan semakin mengkhawatirkan apabila motor tidak mendapatkan perawatan secara berkala.

Penyakit kambuhan ini tentunya akan menyusahkan Sobat sekalian, terutama saat di tengah perjalanan penting. Berikut ini beberapa penyakit kambuhan di motor matik yang dirangkum dari beberapa sumber.

  • Tarikan Gas Berat

Motor matik secara khusus hanya mengandalkan gas dan rem saja, maka jika itu terjadi akan menyusahkan sobat. Gas yang terasa berat akan membuat perjalanan tidak menyenangkan.

Padahal penyebab dari tarikan gas berat bisa dibilang sepele yakni debu yang masuk ke dalam filter udara. Debu ini akan menghambat jalannya masuk udara ke dalam system pengabut bahan bakar.

Lalu untuk langkah pencegahannya Sobat harus rutin melakukan perawatan rutin. Filter udara motor harus rutin dibersihkan atau diganti jika sudah rusak.

Baca juga : Aprilia RS 660 dan Tuono 660 Masuk Indonesia Harganya Tembus Setengah Miliar Lebih

Filter udara sendiri terdapat dua jenis yang berbeda yakni basah dan kering. Filter udara jenis basah memiliki ketahanan yang lebih daripada model kering.

Belakangan ini motor matik telah mengadopsi filter basah sehingga lebih tangguh. Namun kekurangan filter jenis ini adalah tidak bisa dibersihkan sehingga jika sudah rusak pilihannya harus diganti.

  • Mati Mendadak

Motor matik bisa mengalami mati mendadak dan hal ini kerap dikeluhkan para penggunanya. Kejadian ini tentunya akan menyusahkan para Sobat sekalian.

Masalah satu ini disebabkan oleh karena setingan klep yang terlalu rapat. Kesalahan dalam melakukan penyetelan klep ini membuat mesin cepat panas.

Ketika suhu mesin sudah terlalu panas, maka bisa menyebabkan mesin kehilangan dayanya. Lalu jika dibiarkan maka mesin akan mati dengan sendirinya.

Masalah ini hanya bisa dituntaskan dengan cara membawanya ke bengkel resmi dan melakukan pengaturan ulang klep.

  • Rem Panas

Motor matik sangat mengandalkan rem, selain gas tentunya. Oleh karena itu rem harus dijaga dengan baik.

Rem bisa mengalami masalah karena penggunaannya yang cukup sering. Pada kasus ini biasanya rem mengalami kepanasan berlebih dan kemampuannya berkurang.

Jika Sobat mengalami insiden ini segera konsultasi dengan bengkel terpercaya.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.