Home » Penyebab Gelaran MotoGP di Sirkuit KymiRing Finlandia Batal

Penyebab Gelaran MotoGP di Sirkuit KymiRing Finlandia Batal

by zizi

OTOBIKES,- MotoGP Finlandia awalnya berlangsung di Sirkuit Kymiring pada 8-10 Juli 2022, dan menjadi seri ke-12 MotoGP.  Hal itu membuat jeda ke race selanjutnya lumayan lama.  Saat ini pebalap MotoGP sedang menjalankan jeda paruh musim dan akan kembali ke sirkuit pada bulan Agustus 2022.

Sebenarnya apa yang membuat gelaran MotoGP di Finlandia ini batal? Ada yang menyebut kalau sirkuit ini tidak lolos dalam homologasi.  Yang berarti proses sertifikasi kelayakan sirkuit balap yang disesuaikan oleh standar peraturan sebelum menjadi ajang balap profesional sepeti MotoGP.

Mengutip dari Speedweek.com, sirkuit yang baru dibuat untuk mengadakan balap MotoGP nampaknya akan ditutup, bahkan sebelum sempat digunakan.  Kabarnya, sirkuit ini mengalami kebangkrutan, Kamis (21/7/2022.

BACA JUGA : LCR Honda Jadi Tim Balap Alex Rins di Musim 2023

Pihak promotor, Lahti Events, mengalami kebangkrutan dan sudah dilikuidasi. Selain itu, pihak Sirkuit KymiRing juga berhutang 24,7 juta euro dan terus bertambah. Pembangunan Sirkuit KymiRing sudah berjalan selama empat tahun. Sayangnya, sirkuit tersebut masih belum rampung hingga sekarang.

Padahal rencananya, bukan hanya MotoGP saja yang akan digelar di sana. Tapi, Kejuaraan Dunia Motocross dan Rallycross juga, pada Juli dan Agustus 2022.

Kabar baiknya, Lahti Events masih optimistis bisa menggelar MotoGP.  Tentunya, dengan meminjam dana dari pemerintah kota sebesar 2,4 juta euro. Dengan suntikan dana tersebut, Lahti Events menyebutkan bisa menggelar balapan pada akhir musim panas. Dana tambahan akan dibayarkan oleh induk perusahaan, yakni KOKO Lahti.

Balapan MotoGP selanjutnya akan digelar di MotoGP Inggris pada 7 Agustus 2022 di Sirkuit Silverstone.* (RENALDI)

BACA JUGA : Cakep! Motor Sport Fairing BMW G 310 RR

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.