Home » Perjalanan Karier si ‘Top Gun’ Maverick Vinales di Dunia Balap

Perjalanan Karier si ‘Top Gun’ Maverick Vinales di Dunia Balap

by Defa

OTOBIKES,- Top Gun mempunyai nama lengkap Maverick Vinales Ruiz lahir di Figueres, Spanyol, 12 Januari 1995. Ia terjun ke dunia balap saat masih berusia 12 tahun di ajang Catalan Champions seri 125cc dan langsung membuatnya menjadi juara.

Tidak hanya sekali tapi dua kali ia memenangkan gelar itu.  Di tahun berikutnya, Ia berhasil mempertahankan gelarnya.  Luar biasa bukan kemampuan dari Maverick Vinales belia ini?

Kemudian di tahun 2009, Ia mendapatkan gelar “Rookie of The Year” karena pencapaiannya menjadi runner up di ajang CEV Buckler National kelas 125GP Championship.

Satu tahun setelah itu, Vinales mengikuti 2 kejuaraan sekaligus, CEV Buckler 125GP dan European 125GP.  Hebatnya ia berhasil keluar menjadi juara di 2 ajang itu.

Kejuaraan-kejuaraan lokal sudah berhasil ditaklukan. Top Gun melanjutkan karier masa kecilnya ke ajang profesional di Kejuaraan Dunia Grand Prix Kelas 125cc pada tahun 2011. Di ajang itu Vinales kembali mendapat gelar “Rookie Of The Year” karena performa balap yang luar biasa saat debut pertamanya.  Dengan finish di posisi-3 klasemen akhir, 17 kali turun balapan, 4 kali menang dan 9 kali podium poin totalnya 248 poin.

Sesudah berusia 17 tahun, Maverick Vinales melanjutkan kariernya profesionalnya ke kelas Moto3. Ia berada di Moto3 selama 2 tahun pada 2012 dan 2013.  Di awal debutnya, Ia bergabung Tim Blusens Avintia dengan motor FTR M312 dari Honda.

Ia tampil cukup impresif dengan 15 kali turun balapan.  Vinales berhasil meraih 5 kemenangan dan 7 podium dengan poin total 207, yang membuatnya berhasil finish di posisi-3 klasemen akhir.

BACA JUGA : Tim Repsol Honda Incar Juara di MotoGP Mandalika

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.