Home » Piaggio Umumkan Kemenangan Dua Tuntutan atas Peugeot

Piaggio Umumkan Kemenangan Dua Tuntutan atas Peugeot

by Tommy JP
Piaggio MP3

OTOBIKES – Piaggio Group baru saja mengumumkan kemenangannya atas dua tuntutan di pengadilan Eropa terhadap Peugeot Motorcycles.

Dikatakan bahwa brand asal Italia tersebut memenangkan pengadilan di Tribunal Judiciare, Paris, Perancis dan Pengadilan Milan. Keduanya menyebutkan bahwa Peugeot bersalah karena telah melanggar paten yang dimiliki Piaggio Group.

Piaggio merasa keberatan atas penggunaan teknologi sepeda motor roda tiga yang digunakan oleh Peugeot Metropolis. Menurutnya, teknologi motor roda tiga yang bisa berbelok dan miring seperti motor pada umumnya, sepenuhnya milik Piaggio.

Motor tersebut menggunakan teknologi khusus dan lebih jauh lagi sudah didaftarkan patennya. Adapun teknologi yang telah dipatenkan oleh Piaggio tersebut dikembangkan dan digunakan oleh Peugeot Motorcycles pada model Metropolis.

Peugeot Metropolis merupakan sepeda motor roda tiga yang dipasarkan di berbagai negara di dunia termasuk benua Eropa dan juga Indonesia. Selama ini Peugeot mengklaim bahwa teknologi yang digunakan pada Metropolis berbeda dengan Piagio MP3.

Namun pengadilan berkata lain dan memutuskan bahwa Peugeot bersalah karena menggunakan teknologi yang sudah dipatenkan tersebut. Atas dakwaan tersebut, Peugeot diwajibkan membayar ganti rugi sebesar 1.500.000 Euro kepada Piaggio Group.

Baca juga : Piaggio 1 Siap Dirilis Tahun Ini, Banderolnya Mulai Rp 45 Jutaan

Jumlah tersebut belum termasuk dengan pelanggaran tambahan dan denda terkait biaya pengadilan.

Lebih jauh pengadilan Perancis memutuskan bahwa Peugeot harus segera menghentikan produksi Metropolis. Mereka juga harus menghentikan penjualan, kepemilikkan, impor hingga ekspor apapun yang berkaitan dengan teknologi tersebut.

Jika tidak mematuhi ketentuan yang telah diputuskan oleh pengadilan tersebut, Peugeot harus membayar denda. Adapun manufaktur asal Perancis ini harus membayar denda setiap kendaraan tiruan yang dijual.

Sementara di Italia, Peugeot Metropolis dilarang impor maupun ekspor sama seperti keputusan pengadilan Perancis. Mereka juga tidak diizinkan untuk melakukan segala kegiatan promosi seperti beriklan.

Jika Peugeot menolak putusan tersebut dan masih melakukan pemasaran, setiap kendaraan yang terjual akan didenda sebesar 6.000 Euro. Bahkan disebutkan kendaraan yang sudah dipasarkan kepada konsumen, harus ditarik kembali dalam waktu 90 hari.

Jika hal tersebut dilanggar, maka Peugeot akan dibebani biaya tambahan sebesar 10 ribu Euro setiap harinya.

Peugeot Motorcycles sendiri sejak 2019 kepemilikannya diambil alih oleh Mahindra Group.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.