Home » Plat Nomor Kendaraan Listrik Ada Garis Biru, Ini Alasannya

Plat Nomor Kendaraan Listrik Ada Garis Biru, Ini Alasannya

by zizi
Plat nomor untuk kendaraan listrik menggunakan garis biru.* (FOTO: Pinterest)

OTOBIKES,- Kendaraan listrik sudah mulai banyak digunakan di jalanan Indonesia.  Untuk mendukung pemerintah melalui Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik (KBL) berbasis baterai (Battery Electric Vehicle).

Untuk membedakannya dengan kendaraan lainya, pemerintah resmi menetapkan penambahan garis biru di bagian bawah plat nomor untuk kendaraan motor listrik.  Selain sebagai pembeda, warna biru di plat nomor itu juga memudahkan pihak kepolisian ketika ada peraturan ganjil genap.  Kendaraan bisa melewati ganjil genap tanpa ada halangan.


Plat nomor untuk kendaraan listrik menggunakan garis biru.* (FOTO: Pinterest)

Memang ganjil genap ini tidak diberlakukan di beberapa daerah, tetapi saat menggunakan kendaraan listrik tentu bisa memiliki keistimewaan ini.  Selain itu juga bisa menjaga bumi.  Kemudian akan ada beberapa warna plat nomor dengan penambahan garis biru ini.  Yang pertama, plat nomor hitam untuk kendaraan pribadi, kuning untuk angkutan umum, merah untuk dinas dan putih untuk mencoba kendaraan baru.

Jadi untuk pembagian warna plat nomornya masih sama, hanya saja memiliki tambahan warna biru saja.

Sudah banyak kendaraan motor listrik buatan lokal yang bisa dibeli.  Bahkan sudah ada yang menggunakannya di jalanan Indonesia. Tidak hanya itu, bahkan ojek online pun sudah ada yang menggunakan motor listrik juga.* (RENALDI)

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.