Home » Salesman Hebat (parts 5) Cek 7 Kemampuan Yang Wajib Dikuasai Salesman Hebat

Salesman Hebat (parts 5) Cek 7 Kemampuan Yang Wajib Dikuasai Salesman Hebat

by Anjar

Cek 7 Kemampuan Yang Wajib Dikuasai Salesman Hebat

By Mas Haji

Sobat Otobikes, kali ini kita akan sharing beberapa kunci yang wajib dikuasai seorang salesman hebat.

1) Keberanian dan Percaya Diri

Modal utama untuk jadi salesman hebat adalah Keberanian. Salesman pemula harus banyak melatih keberanian. Training salesman pemula, diawali dengan join visit, kunjungan ke pasar atau ke konsumen dengan seniornya.

Kebanyakan salesman tidak percaya diri, malu dengan statusnya, akibatnya tidak punya keberanian untuk bertemu konsumen. Terutama yang levelnya lebih tinggi, apalagi orang kaya atau pejabat.

Baca Juga: Salesman Hebat (Part 1), Cara Jitu Cari Uang atau Karir Sesuai Ajaran Nabi

Menaikkan rasa percaya diri, bisa dilatih, bertahap dan terus menerus. Kuncinya, di kemampuan komunikasi yang di dukung pengetahuan produk yang mumpuni. Persepsi diri sendiri tentang pekerjaan salesman juga sangat utama. Terus pupuk dan perkuat keyakinan bahwa pekerjaan menjual itu sangat strategis, sangat menjanjikan, sangat menghidupi dan bisa diandalkan untuk masa depan.

2) Product Knowledge

Pengetahuan produk pasti no. 1. Pelajarilah dan kuasailah sampai ke akarnya, detail. Kalau perlu, cek langsung ke konsumen seberapa tahu tentang produk anda dan kompetitor. Jelaskan kehebatan utama produk, BEDA dan LEBIH nya dengan merek lain. Tingkat persepsi konsumen terhadap produk sangat penting, untuk mengetahui level pengetahuan mereka dan cara pendekatan maupun komunikasi terbaik dengan konsumen.

Baca Juga: Salesman Hebat (Part 2) , Mau Survive dan Income Tinggi di Era Pandemi?

3) Selling Skill

Kemampuan menjual, closing skill bukan semata banyak bicara. Kunci utamanya adalah kemampuan MEYAKINKAN konsumen. Pemilihan kata kata kunci dalam komunikasi sangat penting untuk menghindari over speak, ngalor ngidul tidak jelas.

Penjelasan produk, program program dan kelebihan lain, harus singkat, padat dan mengena. Kemampuan menjelaskan, menjawab pertanyaan dan keberatan dari konsumen harus taktis dan tepat. Kuncinya, banyak berlatih dan praktek langsung karena 1000 konsumen semua karakternya akan berbeda. Ketepatan janji, komitmen anda dan lainnya akan menjadi ingatan konsumen, untuk ke depan terus berhubungan dengan anda atau selesai.

4) Penguasaan Wilayah

Seberapa tahu potensi wilayah anda?. Berapa banyak kota atau kabupaten? Berapa kecamatan kelurahan, RT/ RW?.
Seberapa kenal dengan mereka? Pak Camat, Lurah RT, RW, Ustadz, dan orang orang berpengaruh lainnya.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.