Home » Sate Kambing Favorit yang Pas Dinikmati Sobat Otobikes saat Turing

Sate Kambing Favorit yang Pas Dinikmati Sobat Otobikes saat Turing

by Mas Haji

OTOBIKES – Halo Sobat Otobikes, percaya atau tidak? Setelah makan sate kambing, badan terasa lebih greng dan bersemangat dan tentu siap untuk touring menjelajah negeri.

Ngomong-ngomong apa menu sate kambing favorit masing-masing dari Sobat Otobikes?. Apakah sate goreng, sate buntel, sate klathak, sate Tegal, atau sate daging kombinasi?. Dan apa kalian punya tempat makan atau warung penjual sate kambing yang menjadi langganan?

Penjual sate kambing enak sendiri cukup banyak, tersebar hampir di setiap daerah di Indonesia. Secara umum semua warung atau resto penjual sate kambing punya keunikan dan keistimewaan sendiri-sendiri. Namun ada satu ciri khas wajib, sate kambing enak itu wajib memiliki daging yang empuk juga tebal dan aroma bakar arang yang ngundang selera.

Baca Juga: Rekomendasi Warung Tongseng Kambing untuk Para Bikers, Suka Kepala, Jeroan atau Daging?

Sobat Otobikes, yuk kita telisik beberapa jenis sate kambing sesuai daerahnya.

Sate Goreng

Sate kok digoreng bukannya dibakar?. Sate kambing goreng dibuat dengan cara umum, sate dibakar dulu seperti biasa, baru dibumbuin dan digoreng.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Korea yang Harus Dicoba Para Bikers

Sate goreng disajikan di piring tanpa tusuknya. Tentunya lebih empuk, ada aroma bakar dan gurihnya. Warung-warung di daerah Jogja dan Solo yang menjadi pelopor menu spesial ini.

Daerah lain seperti Jabotabek sate goreng masih tergoling langka. Jika ingin hunting coba cari warung sate di daerah tempat tinggal Sobat Otobikes yang memiliki cabang di Jogja atau Solo, biasanya menu ini tersedia.

Sate Tegal

Sate daerah Tegal mempunyai ciri tersendiri, biasanya dagingnya lebih empuk dan lebih sedikit lemak. Ini tak lain karena bahan sate dipilih dari kambing yang sangat muda, Sobat Otobikes mungkin akrab dengan istilah balibul (bawah tiga bulan) atau balibul (bawah lima bulan).

Warung sate Tegal sendiri berserak di mana-mana, mungkin hampir tiap kota ada. Tinggal coba dan pilih yang sesuai selera.

Sate Bunthel

Sate Bunthel, kebanyakan ada di daerah Solo Raya. Kalau kita ke warung sate daerah Solo, biasanya menu ini pasti ada dan biasa diburu oleh para penggemarnya.

Apa bedanya dengan sate biasa? Sate bunthel dibuat dengan menggiling atau melembutkan daging kambing kemudian digulung atau di bunthel dan di tusuk seperti biasa. Rasa satenya sudah pasti empuk dan juicy, maknyus.

Tua muda pasti cocok karena cara gigit dan ngunyahnya tidak repot. Dan saat aroma bakar, bumbu kecap, bawang merah dan cabai menyatu, wow!.

Baca Juga: Malang Strudel, Pusat Oleh-Oleh Terlengkap di Kota Malang

Sate Klathak Kambing

Sate klathak, masih sangat langka untuk ditemukan, Sobat Otobike mesti berburu ke wilayah Jogja baru bisa menemukannya. Salah satu warung yang diburu adalah Sate Klathak Pak Pong di Imogiri. Dan saat ini sudag ada beberapa warung sate klathak tandingan yang enak dan tentu bisa untuk alternatif.

Apa bedanya sate klathak dengan yang sate lainnya?. Sate klathak dibuat dari daging kambing dengan potongan lebih besar, bisa 3-4 kali lebih besar dari sate biasa. Satu porsi biasanya hanya 2-3 tusuk.

Salah satu keunikan dari sate jenis ini adalah menggunakan jeruji besi dari pelek jari-jari sepeda sebagai tusukannya. Kabarnya penggunanan besi memiliki tujuan agar sate jadi matang sampai dalam.

Dari sisi bumbu juga terdapat perbedaan dengan sate biasa. Mulai dari rasa dagingnya yang lebih kuat karena bumbu garam dan bawang putih dan disajikan dengan kuah di mangkok. Sobat Otobikes bisa mencobanya dan setelah makan, badan akan terasa lebih greng dan siap tancap gas, wushhh.

Baca Juga: Mengulik Sejarah dan Filosofi Sate Lilit, Kuliner Nikmat Khas Bali

Sate Daging Kambing Kombinasi

Sate kambing kombinasi biasanya mencampur isi tusukan sate dengan lemak gajih atau hati. Campuran ini tentu membuat rasa sate lebih nikmat dengan kombinasi variasi rasa.

Namun demikian karena alasan kolesterol, banyak yang menghindari sate kambing kombinasi ini. Jadi memang sebaiknya Sobat Otobikes control rutin kesehatan sebelum mencobanyanya. Dan jangan lupa olahraga dan diimbangi dengan makanan sehat lainnya.

Oke Sobat Otobikes, ayo segera siapkan motor Anda dan mari berburu warung sate kambing terbaik. Jangan lupa selalu menjaga prokes dan tentu jangan lupa berbagi kepada Otobikes jika menemukan warung sate kambing yang lezat.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.