Home » Selain Lawang Sewu, Ini 5 Destinasi Wisata Horor di Indonesia Yang Bikin Merinding

Selain Lawang Sewu, Ini 5 Destinasi Wisata Horor di Indonesia Yang Bikin Merinding

by Anjar
Alas Purwo/Pinterest

OTOBIKES

Indonesia yang merupakan negara kepulauan ini  memang mimiliki destinasi wisata yang tak terhingga. Tak hanya wisata alam saja, Negara Indonesia juga memiliki banyak tempat, bangunan atau situs bersejarah yang tak hanya kaya akan sejarah tapi juga keangkerannya.

Walaupun memeiliki nuansa yang menyeramkan namun sering kali banyak pengunjungnya untuk sengaja mengetes keberanian atau membuktikan kemistisan tempat tersebut.

Salah Satu yang paling terkenal di Indonesia Yaitu Lawang Sewu. Tempat wisata bersejarah sekaligus ikon kota ini merupakan bangunan tua peninggalan zaman penjajahan. Semenjak berdiri di tahun 1904, bangunan ini tampak berdiri kokoh dan bersih karena rutin dirawat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hotel Dengan Tema Unik di Indonesia , Ada yang Mirip Kapal Pesiar

Dahulu tempat ini berperan sebagai kantor administrasi Indische Spoorweg Maatscappij (NIS), sebuah perusahaan kereta api asal Belanda dan pada masa pendudukan Jepang beralih fungsi menjadi penjara.

Bangunan bergaya Artdeco ala Eropa ini mendapatkan julukan Lawang Sewu dikarenakan memiliki sekitar 429 pintu dengan jumlah daun pintu mencapai jumlah lebih dari 1.200. Meski sudah tercatat memiliki jumlah pintu yang pasti, konon katanya jumlah tersebut bisa berubah saat dihitung.

Sebenarnya tak hanya lawang sewu saja yang terkenal di Indonesia sebagai destinasi wisata horror. Berikut merupakan 5 destinasi wisata horror di Indonesia selain lawang sewu.

  1. Gua Jepang

Situs bersejarah peninggalan masa penjajahan Jepang menjadi destinasi wisata horor terbaik di Indonesia dalam daftar ini. Dibangun pada tahun 1942 dan terletak 3 km dari Stasiun Bandung, gua ini awalnya bergungsi sebagai tempat penyimpanan senjata dan keperluan logistik. Baru semenjak tahun 1965, gua berlorong panjang dan gelap serta sedikit berliku ini resmi dijadikan obyek wisata oleh warga sekitar.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Paling Romantis di Bandung, Cocok Dikunjungi Bersama Pasangan

2. Taman Alas Purwo

Alas Purwo yang berarti hutan rimba dalam bahasa jawa merupakan salah satu destinasi wisata horor yang populer. Konon katanya di hutan tertua Pulau Jawa inilah banyak jin berkumpul. Tak hanya sekedar penampakan arwah penasaran, penduduk yang tinggal di sekitar kawasan ini mengaku sering melihat makhluk halus dengan berbagai wujud. Oleh karenanya, bagi kamu yang ingin mencoba memacu adrenalin wajib untuk mengunjungi wisata ini.

3. Gunung Kawi

Gunung Kawi yang terletak di Jawa Timur memiliki banyak cerita mistis. keberadaan Gunung Kawi bukan bersumber dari penampakan sosok misterius tapi dari julukannya yang terkenal sebagai tempat pesugihan. Konon katanya, banyak orang datang dari berbagai daerah demi melakukan ritual pemujaan gaib. Kisah yang beredar mengatakan jika orang-orang tersebut akan bertapa di destinasi wisata horor di Indonesia satu ini agar mendapatkan kekayaan secara instan.

4. Desa Trunyan

Desa Trunyan memiliki tradisi yang berbeda. Di desa yang letaknya berdekatan dengan Danau Batur, Bali, ini, jenazah mereka yang telah meninggal diletakkan di atas tanah. Umumnya, jenazah tersebut diposisikan di bawah pohon Taru Menyan sebagai prosesi adat. Meski diletakkan di atas tanah, jenazah ini tidak berbau busuk. Warga sekitar meyakini jika bau busuk tersebut diserap oleh pohon Taru Menyan.

5. Kamar 308 Pelabuhan Ratu

Tempat wisata terseram yang terakhir adalah misteri kamar 308 milik Nyai Roro Kidul yang terletak di Hotel Samudera Beach, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Nyai Roro Kidul merupakan sosok mistik yang dipercaya sebagai penjaga pantai selatan.

Di kamar itu terdapat ranjang, perhiasan dan lukisannya yang terpampang besar di tembok kamar berwarna serba hijau ini. Masyarakat Jawa juga sangat percaya dan melarang masyarakat mengunjungi pantai dengan pakaian berwarna hijau.

Konon katanya Nyai Roro Kidul bakal murka dan bagi masyarakat yang mengunjungi pantai selatan dengan berpakaian hijau maka akan menerima peristiwa gaib yang sangat menakutkan.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.