Home » Sirkuit Mandalika Absen Gelar Pramusim MotoGP 2023 karena Alasan Ini

Sirkuit Mandalika Absen Gelar Pramusim MotoGP 2023 karena Alasan Ini

by AdminOto
OTOBIKES - Sirkuit Mandalika Absen Gelar Pramusim MotoGP 2023 karena Alasan Ini

Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) absen menggelar tes pramusim MotoGP 2023.

OTOBIKESSirkuit Mandalika yang berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) absen menggelar tes pramusim MotoGP 2023.

Melalui pengumuman di laman resminya,  MotoGP tidak memasukkan Sirkuit Mandalika dalam jadwal pramusim 2023. IRTA selaku penyelenggara balapan tidak memasukkan nama sirkuit yang berada di Indonesia ini.

Rencananya, pramusim MotoGP 2023 akan berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia, dan Autodromo do Algarve, Portugal. Tes pramusim tersebut akan berlangsung 1 bulan sebelum musim 2023 memulai balapan perdananya.

Semua pembalap yang tampil di kelas Moto3, Moto2, dan MotoGP tahun 2023 akan mengikuti tes pramusim tersebut. Mereka bakal mencoba sasis serta motor baru, terutama untuk pembalap yang bergabung dengan tim baru.

Dalam rilis resmi di laman motogp.com nama Sirkuit Mandalika tidak masuk dalam jadwal tes pramusim seperti musim 2022. Salah satu alasan Sirkuit Mandalika tidak masuk dalam jadwal pramusim MotoGP 2023 adalah biaya akomodasi yang mahal.

Karenanya, pihak penyelenggara bisa mengalami kerugian yang besar apabila menggelar pramusim di Lombok Tengah, NTB tersebut.

Adapun sirkuit yang masuk dalam tes pramusim 2023 adalah Autodromo de Algarve, Potimao, Portugal, dan Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia. Sementara di tahun 2022 lalu, Sirkuit Mandalika menjadi salah satu venue tes pramusim MotoGP.

Sirkuit Mandalika Sudah Teruji

Alasan Sirkuit Mandalika di tahun 2022 menjadi salah satu venue tes pramusim karena belum pernah menggelar balapan MotoGP. Terlebih proses homologasi saat itu yang belum rampung.

Karenanya banyak pembalap dan tim di MotoGP yang belum mengetahui karakter sirkuit. Hal itu menjadi salah satu sebab Mandalika, menjadi venue tes pramusim MotoGP 2022.

Selain itu, keputusan Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP menggelar pramusim 2022 di Mandalika adalah homologasi yang saat itu belum selesai. Tes pramusim di Mandalika saat itu juga bertujuan untuk mencoba kondisi lintasan.

Karenanya, mereka saat itu menggelar tes pramusim di Mandalika untuk mengetahui kesiapan sirkuit tersebut menggelar MotoGP Indonesia. Di tahun 2023 alasan itu sudah tidak relevan. Pasalnya, Sirkuit Mandalika sudah teruji menggelar balapan MotoGP 2022.

Selain itu, pihak pengelola juga terus melakukan perbaikan. Sirkuit Mandalika pun siap menggelar balapan MotoGP 2023, meski tidak menggelar tes resmi. Apalagi, sirkuit di Lombok Tengah ini terbukti dapat menggelar event besar di tahun 2022 yakni MotoGP dan Superbike.

Dorna Sports sendiri tidak memerlukan penilaian lebih lanjut. Pasalnya, homologasi sirkuit yang terletak di Lombok Tengah tersebut terus diperbaiki untuk mendapat nilai A.

Sirkuit Mandalika Tetap Gelar MotoGP 2023

Meskipun tidak menjadi venue pramusim MotoGP 2023, Sirkuit Mandalika akan tetap menjadi salah satu sirkuit yang menggelar balapan dalam kalender MotoGP 2023.

Sirkuit yang memiliki panjang 4,3 kilometer tersebut bakal rutin menggelar balapan MotoGP hingga tahun 2030.

Dorna Sports dan pemerintah Indonesia sudah sepakat menggelar balapan selama 10 tahun. 

Dengan demikian, meskipun tidak menggelar tes pramusim, Mandalika akan tetap menggelar balapan MotoGP 2023.

MotoGP Mandalika 2023 sendiri kemungkinan tetap menggelar MotoGP di paruh musim pertama, seperti tahun 2022.

Pada musim 2022, Sirkuit Mandalika terbilang sukses menggelar balapan MotoGP. Meski area tribun saat itu belum 100% rampung, jumlah penonton yang hadir mencapai lebih dari 100.000 orang.

Di tahun 2023 panitia penyelenggara berharap jumlah penonton yang hadir bisa lebih besar daripada tahun 2022.

Apalagi, sirkuit tersebut tidak menggelar pramusim sehingga penonton hanya sekali memiliki kesempatan bertemu pembalap MotoGP di Indonesia.

Jadwal Tes Pramusim MotoGP 2023

Dengan absennya Mandalika menggelar tes pramusim MotoGP 2023, Dorna Sports merilis jadwal pramusim di Portimao, dan Sepang.

Tes pramusim pertama dilakukan di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia pada 10 sampai dengan12 Februari 2023 oleh semua kru dan pembalap MotoGP.

Sebelum menggelar tes pramusim, para pembalap dan staf tim MotoGP 2023 akan melakukan shakedown test pada 5-7 Februari 2022.

Setelah menjalani tes pramusim 2023 di Sepang, mereka bakal berangkat ke Eropa untuk menjalani pramusim kedua di Autodromo International do Algarve, Portugal. Jadwal tes pramusim di Portimao akan berlangsung pada 17-19 Maret 2023.

Selanjutnya, mereka bakal memulai MotoGP 2023 di Autodromo do Algarve, Portimao Grand Prix Portugal. Sementara itu, Indonesia akan kembali menggelar MotoGP di tahun 2023. Gran Prix tersebut akan menjadi bagian dari 23 balapan MotoGP 2023.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.