Home » Sirkuit Mandalika Terancam Gelar WSBK Tanpa Penonton

Sirkuit Mandalika Terancam Gelar WSBK Tanpa Penonton

by Tommy JP
sirkuit mandalika

OTOBIKES – Sirkuit Mandalika Lombok akan menggelar World Superbike (WSBK) pada November 2021 dengan pembatasan jumlah penonton.

Sirkuit Mandalika dirancang untuk bisa menampung penonton sebanyak 188 ribu orang. Namun karena masih minimnya masyarakat Indonesia yang telah vaksin, membuat jumlah penonton harus dibatasi.

Berdasarkan Reuters, warga Indonesia yang telah mendapatkan fasilitas vaksin, baru mencapai 18 persen dari 270 jiwa populasi. Maka dari itu, jumlah penonton WSBK pada November mendatang akan dibatasi hanya 15 persen saja.

Selain WSBK, sirkuit ini juga akan menjadi tuan rumah untuk sesi tes pramusim MotoGP 2022. Kegiatan ini baru akan dilaksanakan pada Februari 2022 dan balapannya sendiri akan dihelat pada Maret 2022.

Sirkuit Mandalika, Lombok, digadang-gadang akan menggelar balapan MotoGP pada tahun ini. Oleh karena itu pihak panitia mempercepat proses pembangunan lintasan balap tersebut.

Kala itu, pihak penyelenggara diberikan ultimatum untuk menyelesaikan pekerjaan rumahnya Juni 2021. Hal ini guna mendapatkan Homologasi dari pihak Dorna selaku pemegang otoritas MotoGP.

Baca juga : Sejarah Vespa yang Tidak Banyak Diketahui Hingga Kolaborasi Uniknya

Namun pandemi covid-19 yang menghantam seluruh dunia membuat banyak bisnis melemah. Pekerjaan sirkuit Mandalika akhirnya terpaksa tertunda yang membuatnya kehilangan peluang menggelar balapan tahun ini.

Sebagai gantinya, panitia mendapatkan restu untuk menggelar balapan WSBK pada November 2021. Namun seperti disebutkan di atas jumlah penonton yang hadir tidak boleh melebihi 15 persen kapasitas sirkuit.

“Kami hanya ingin menghadirkan event yang aman bagi semua orang dan hanya itu dasar keputusan kami. Karena penonton nantinya akan datang di area terbuka yang luas, hanya bisa dihadiri 20 – 30 ribu penonton saja perharinya,” ucap Ricky Baheramsyah,CEO MGPA (Mandalika Grand Prix Association).

baca juga : BMW Concept CE 02, Komuter yang Praktis dan Bisa Diandalkan

Menurutnya jumlah penonton yang akan hadir di gelaran WSBK nantinya masih terbilang kecil. Namun dikatakan hal yang paling penting adalah belajar dari sirkuit lain bagaimana menggelar balapan yang sesuai prosedur.

Meskipun dikatakan akan menghadirkan penonton pada saat balapan WSBK November mendatang. Pihak MGPA menyatakan hingga saat ini belum ada keputusan apakah balapan tersebut nantinya bisa mendatangkan penonton.

Seperti diketahui, beberapa balapan di berbagai negara telah mendatangkan penonton dalam jumlah banyak. Hal ini dikarenakan mereka telah melakukan vaksinasi secara menyeluruh kepada warganya.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.