Home » SM Sport E-Classic: Kendaraan Listrik Pertama dengan Desain Motor Bebek

SM Sport E-Classic: Kendaraan Listrik Pertama dengan Desain Motor Bebek

by AdminOto
OTOBIKES-SM Sport E-Classic

SM Sport E-Classic: Kendaraan Listrik Pertama di Indonesia dengan Desain Motor Bebek

OTOBIKES – Motor SM Sport E-Classic menjadi salah satu pajangan PT M-Force Indonesia pada pameran GIIAS 2022.

Dalam pameran yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang, mulai 11-21 Agustus 2022 tersebut motor bergaya Super Cub berhasil menarik perhatian pengunjung.

Berbeda dengan motor listrik pada umumnya yang memiliki desain ala skuter, motor SM Sport E-Classic memiliki tampilan layaknya motor bebek zaman dahulu.

Tampilan berbeda inilah yang menjadi daya tarik utama dari motor listrik keluaran PT M-Force Indonesia pada pameran GIIAS 2022.

Selain itu, harga dari motor tersebut tidak jauh berbeda dengan kendaraan listrik roda dua lainnya, yakni berada di kisaran 30 jutaan.

Tidak hanya desain motor yang unik, SM Sport E-Classic juga memiliki baterai berkapasitas 1.500 W yang tahan hingga 8 jam.

Jika dilihat sekilas, motor ini memiliki desain yang mirip dengan motor-motor era 80an sampai 90an. Selain itu, terdapat beragam fitur dan teknologi modern yang mendukung kenyamanan berkendara bagi penunggang motor tersebut.

Spesifikasi Motor SM Sport E-Classic

Resmi rilis pada tahun 2021 motor produksi PT M-Force Indonesia ini memiliki spesifikasi mesin elektrik yang cukup mumpuni.

Mengusung gaya retro, motor ini mempertahankan sejumlah komponen klasik seperti penggunaan rem tromol di bagian depan dan belakang.

Sementara itu, untuk bagian speedometer menggunakan teknologi analog yang berbaur dengan mode digital. Hal tersebut menimbulkan kesan jadul, tetapi juga tetap mengikuti perkembangan teknologi modern.

Salah satu yang mencolok dari motor ini adalah penggunaan anak kunci manual untuk menyalakan mesin. Dengan kata lain motor tersebut tidak menggunakan teknologi keyless layaknya kendaraan listrik pada umumnya.

Hal ini pun menambah kesan unik pada motor retro ini. Meskipun menggunakan kendaraan listrik, pengendara akan tetap merasakan sensasi layaknya menggunakan kendaraan motor bebek berbahan bakar BBM.

Sementara itu, untuk bagian lampu motor ini sepenuhnya menggunakan teknologi modern, yakni LED. Hal ini bertujuan untuk menunjang kenyamanan saat berkendara di malam hari.

Port USB yang berfungsi untuk mengisi daya baterai handphone juga terpasang di kendaraan ini. Karenanya, motor listrik satu ini tetap memiliki fasilitas modern.

Pengisian Daya Menggunakan Fast Charging

Pada bagian mesin, motor SM Sport E-Classic menggunakan baterai Lead Acid 60V 27 AH. Baterai tersebut merupakan baterai yang mampu bertahan dengan jarak tempuh hingga 120 km.

Sayangnya, baterai motor ini terpasang secara permanen. Oleh karenanya,  motor ini tidak dapat menggunakan baterai cadangan.

Meskipun begitu, pengisian baterai memiliki fitur fast charge, sehingga daya baterai akan cepat terisi. Karenanya, pemilik motor tidak perlu khawatir harus menunggu terlalu lama apabila sedang buru-buru.

Adapun motor ini memiliki kecepatan maksimal hingga 50 km per jam. Untuk bagian bodi motor, SM E-Classic memiliki desain panjang 1.880 mm, lebar 680 mm dan tinggi 1.010, yang cocok untuk semua kalangan pengendara.

Pada bagian kaki, motor ini mengguanakan suspensi telekopik di bagian depan, sementara untuk bagian belakang mennggunakan suspensi ganda.

Meskipun sudah rilis sejak tahun 2021, terdapat beberapa perubahan meski tidak terlalu signifikan pada motor. Oleh karena itu, akan sedikit perbedaan antara motor 2021, dengan versi 2022.

Sementara itu, untuk spesifikasi mesin dan fitur penunjang lainnya mayoritas sama. Karenanya, tidak ada perbedaan yang mencolok pada mesin antara versi terbaru dengan model 2021.

Bagaimana Cara Membelinya

Untuk bisa memiliki motor SM E-Classic pecinta otomotif dapat memesan di dealer atau agen penyalur motor produksi PT M-Force Indonesia.

Namun, bagi calon pembeli yang menginginkan tersebut harus melalui pemesanan terlebih dahulu atau indeen karena produk masih terbatas.

Bagi Anda yang tidak sabar untuk memilikinya, PT M-Force Indonesia menyediakan sejumlah sampel pada pameran GIIAS 2022.

Apabila stok masih tersedia, Anda dapat membelinya secara langsung di tempat pameran sehingga tidak harus menunggu terlebih dahulu. Untuk pembelian secara tunai di wilayah Jakarta dan sekitarnya Anda dapat menyiapkan uang tunai sebesar Rp34 juta.

Sementara pembelian secara kredit, dapat menghubungi pihak marketing dan atau mengunjungi agen penyalur motor produksi PT M-Force Indonesia terdekat di kota Anda.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.