Home » Tips Berkendara dengan Motor untuk para Wanita

Tips Berkendara dengan Motor untuk para Wanita

by Tommy JP
tips motor

OTOBIKES – Mengendarai sepeda motor bagi kaum wanita merupakan hal yang tidak begitu sulit. Namun untuk bisa menguasai kendaraan di jalanan, kaum hawa perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Pada umumnya wanita yang baru belajar mengendarai sepeda motor memilih skutik entry level. Hal ini dikarenakan bodinya yang ramping dan bobotnya ringan.

Dua keunggulan di atas membuat para pengendara lebih mudah dalam mengendalikan tunggangannya. Untuk bisa sejajar dengan kaum adam khususnya di jalanan, wanita butuh pemahaman akan beberapa teknik berkendara.

Baca juga : Mengenal Fungsi Master Rem Motor

“Pengguna sepeda motor khususnya para wanita akan semakin mudah mengendalikan kendaraan, jika mengenal teknik berkendara yang benar. Kami harap tips ini bisa mempermudah dan menambah wawasan para pengguna sepeda motor khususnya wanita,” ucap Antonious Widiantoro, Manager Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Berikut ini tips dan trik berkendara untuk para wanita :

  • Memastikan perlengkapan berkendara, seperti membawa dokumen berkendara (STNK, SIM, KTP) serta menggunakan pakaian yang nyaman dan tertutup (masker, sarung tangan, jaket, helm tertutup, sepatu). 
  • Hal ini untuk menghindari polusi, udara dingin atau panas, serta cedera saat berkendara
  • Membawa barang pada bagasi atau bagian depan motor. Hindari meletakan barang diatas tangki bahan bakar karena dapat menutup saluran pernafasan tangki dan bisa membuat mesin tidak bisa dihidupkan.
  • Jika sering membawa banyak barang, dapat ditempatkan di dalam bagasi, atau dapat memanfaatkan gantungan (double hook) serta rak pada bagian depan pada motor skutik.
  • Seringkali wanita takut dan lelah jika melewati kemacetan di jalan agak menanjak, karena membutuhkan usaha untuk menarik rem terus-menerus. Hal ini dapat diminimalisir dengan memanfaatkan fitur pintar pada motor.
  • Fitur ini dapat menahan motor yang berhenti pada jalan menanjak sehingga pengendara tidak perlu menarik rem secara terus-menerus, serta dapat menahan motor lebih stabil ketika parkir di tempat yang tidak rata.
  • Turunkan kecepatan ketika ketika melewati jalan rusak, hindari jalan berlubang dan genangan air. Saat menghindar, pastikan tidak mengganggu kendaraan lain di belakang.
  • Bagi pengendara yang seringkali lupa lokasi parkir sepeda motor, dapat memanfaatkan fitur Answer Back System yang ada pada motor-motor terbaru, untuk membantu menemukan lokasi parkir dalam radius 20 meter.
  • Apabila berkendara dengan membawa anak, pastikan posisi kaki anak berada dibagian pijakan kaki anak yang telah disediakan
  • Parkir dengan menggunakan standar tengah yang terdengar sederhana, namun menjadi tantangan bagi kaum wanita. Karena dianggap membutuhkan tenaga yang kuat, padahal kita hanya perlu mengandalkan berat badan saat melakukannya.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.