Home » Agar Motor Matic Irit BBM, Lakukan Cara Ini

Agar Motor Matic Irit BBM, Lakukan Cara Ini

by AdminOto
otobikes - Agar Motor Matic Irit BBM, Lakukan Cara Ini

Agar Motor Matic Irit BBM, Lakukan Cara-cara Ini

OTOBIKES Ada banyak tips yang dapat dilakukan pemilik motor matic supaya konsumsi bahan bakar minyak (BBM) lebih irit.

Sebagai salah satu jenis kendaraan yang menjadi primadona di Indonesia, motor matic memiliki sejumlah kekurangan dan kelebihan.

Baik di kota besar maupun pedesaan motor matic menjadi kendaraan yang digunakan untuk mendukung mobilitas penggunanya. Dari ibu-ibu, sampai dengan anak-anak dapat mengendarai motor matic. Hal ini karena cara penggunaannya yang mudah.

Seorang pengendara motor matic hanya perlu menyeimbangkan badan, sembari menarik gas agar motor melaju di jalanan. Pengendara pun tidak memerlukan kopling dan juga roda gigi layaknya motor bebek, maupun motor sport.

Meskipun begitu, motor matic memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah bahan bakar yang boros. Ini dapat terjadi apabila Anda tidak mengetahui cara menggunakan motor dengan baik.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena ada sejumlah cara untuk membuat motor matic lebih irit. Oleh sebab itu, Anda dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini agar motor matic Anda lebih irit bahan bakar.

BBM Motor Matic Lebih Irit dengan Teknik Bukaan Gas

Teknik bukaan gas sangat berpengaruh terhadap penggunaan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar motor matic Anda.

Oleh karena itu penggunaan teknik bukaan gas yang baik, akan membuat penggunaan BBM pada motor matic Anda lebih irit.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk motor matic, tetapi semua motor juga akan irit bahan bakar apabila pengendara memakai teknik bukaan gas dengan baik.

Oleh sebab itu, menggunakan teknik bukaan gas dengan baik bisa menguntungkan pengendara. Pasalnya, tindakan seperti itu tidak hanya membuat BBM menjadi menjadi lebih boros, tetapi juga komponen mesin motor menjadi lebih cepat rusak.

Selain itu, penggunaan motor di jalanan yang rata juga berpengaruh terhadap tingkat penggunaan BBM. Pasalnya, kondisi jalan juga mempengaruhi cara pengendara menarik gas saat mengendarai motor.

Pakai BBM Standar Motor Matic Agar Irit

Tips kedua agar motor matic irit BBM adalah menggunakan bahan bakar yang sesuai standar. Hal tersebut biasanya terdapat pada buku petunjuk penggunaan motor.

Penggunaan BBM yang sesuai dengan standar membuat mesin pembakaran bekerja dengan baik, sehingga tidak begitu banyak membutuhkan konsusmsi bahan bakar.

Hal ini membuat mesin dapat bekerja sesuai standar. Sementara BBM yang memiliki oktan lebih rendah dari standar akan membuat ruang pembakaran mesin tidak bekerja secara maksimal.

Bahkan, penggunaan BBM di bawah standar dapat memicu kerusakan mesin karena menimbulkan kotoran yang berkerak di dalam mesin.

Oleh karenanya, agar motor matic Anda irit bahan bakar sebaiknya gunakan BBM yang sesui. Meskipun sedikit lebih mahal, biaya yang Anda keluarkan sebenarnya tidak jauh berbeda karena konsumsi motor lebih sedikit.

Periksa Filter Udara Secara Rutin

Tips yang ketiga untuk membuat motor matic irit bahan bakar saat mengendarainya adalah memeriksa filter udara motor Anda secara rutin.

Komponen filter udara sangat penting untuk jenis motor matic, sehingga perlu Anda perhatikan.  Tidak hanya membuat penggunaan BBM untuk motor matic menjadi lebih irit, filter udara yang bersih juga membuat mesin terasa lebih enteng.

Oleh karena itu, pengendara sebaiknya lebih sering melakukan pemeriksaan filter udara secara rutin, baik secara pribadi maupun melalui bengkel.

Setiap pabrikan biasanya memiliki bengkel resmi di setiap kota. Karenanya, jika menggunakan jasa bengkel, usahakan ke bengkel resmi sesuai merk kendaraan Anda.

Tekanan Angin Ban Juga Berpengaruh

Selanjutnya, adalah tekanan angin pada ban motor ternyata juga dapat mempengaruhi konsumsi kendaraan motor matic. Hal ini karena beban lebih berat, akan membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk membawanya.

Oleh karena itu, penggunaan bahan bakar menjadi lebih banyak untuk membuat motor matic melaju sesui keinginan pengendara.

Apabila tekanan angin pada ban terasa kurang, dan berada di bawah standar sebaiknya segera menepi dan mengisi tekanan angin kembali.

Hal tersebut selain untuk membuat penggunaan BBM pada motor matic Anda lebih irit, juga untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya oleh pengendara.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.