Home » Tips Menangani Motor Rusak karena Terabas Banjir

Tips Menangani Motor Rusak karena Terabas Banjir

by Tommy JP
Tips Motor

OTOBIKES – Motor rusak atau mati karena menerabas banjir membutuhkan penanganan khusus. Langkah ini dilakukan agar tidak menambah parah kerusakan mesin motor.

Kondisi jalan yang banjir sebetulnya sangat tidak disarankan untuk dilewati. Karena selain berbahaya bagi keselamatan pengendara, air yang merendam sepeda motor juga berpotensi menyebabkan kerusakan pada komponen kendaraan

Sepeda motor yang dipaksa untuk menerobos banjir, hingga menyebabkan motor mengalami malfungsi atau bahkan mati mesin. Jika sudah seperti itu, maka pengendara perlu melakukan penanganan yang tepat terhadap motor, agar kondisinya tidak menjadi lebih parah dan memakan biaya perbaikan yang jauh lebih mahal.

“Curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini, menuntut pengguna sepeda motor untuk meningkatkan kewaspadaanya saat berkendara. Terutama, dalam hal memilih rute jalan yang bebas dari genangan air dan banjir,” ucap Antonius Widiantoro, Manager Public Relations YRA & Community.

Baca juga : Honda ADV 150 Jadi Motor Operasional di Mandalika

Ia menjelaskan lebih lanjut, jika sudah terlanjur menerabas banjir dan motor mengalami kendala seperti mati mesin atau tidak berfungsi normal, maka sebaiknya konsumen membekali  diri dengan pemahaman teknis mengenai cara penanganan motor yang tepat, sebelum  kemudian dibawa ke bengkel resmi untuk dilakukan service perbaikan

Tips Menangani Sepeda Motor Rusak atau Mati Karena Banjir

  • Jangan langsung menghidupkan mesin karena adanya potensi air masuk ke dalam ruang bakar. Jika dihidupkan maka bisa menyebabkan setang piston bengkok, piston rusak dan crankcase pecah.
  • Pada motor matik cara mudahnya adalah dengan melihat selang indikator yang transparan, untuk melihat apakah mesin motor kemasukan air atau tidak.
  • Langkah selanjutnya adalah melakukan pengapian busi. Karena jika basah, kinerja busi akan akan menurun dan lebih parahnya mati.
  • Cara yang paling efektif dan minim risiko adalah membawanya ke bengkel resmi. Di bengkel resmi motor akan mendapatkan penanganan yang tepat dan menyeluruh.
  • Motor yang sudah menerabas banjir biasanya akan menjadi kotor. Sehingga rentan mengalami karat. Untuk itu akan lebih baik beberapa bagian penting motor perlu dilumasi agar tidak mudah karatan.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.