Home » Tips Menangani Oli Menjadi Warna Putih

Tips Menangani Oli Menjadi Warna Putih

by Tommy JP
Oli jadi putih

OTOBIKES – Oli atau pelumas berubah warna menjadi putih karena tercampur cairan lain. Terdapat beberapa cara untuk menangani kasus tersebut.

Pada dasarnya oli memiliki warna kuning keemasan, meskipun ada beberapa produsen yang membuat oli berwarna merah, biru bahkan coklat. Setiap pabrikan pasti menawarkan produk yang memiliki keunggulan masing-masing.

Pada umumnya oli yang sudah digunakan akan berubah warnanya menjadi lebih gelap. Pada kondisi tertentu, pelumas akan berganti warna menjadi hitam.

Biasanya oli yang menjadi hitam tidak selalu mengindikasikan bahwa kualitasnya sudah jelek. Namun kualitas yang turun akan disertai dengan perubahan bentuk seperti menjadi lebih kental atau encer.

Bisa juga pelumas yang kualitasnya menurun akan disertai dengan adanya gram-gram hasil gesekan komponen bergerak seperti piston maupun ring.

Dalam beberapa kasus ada keluhan oli berubah warna menjadi putih seperti susu. Jika sudah begini berarti mesin motor Sobat Otobikes mengalami masalah yang cukup serius.

Baca juga : Ini Simulasi Kredit Syariah untuk Honda PCX 160

Masalah ini pada umumnya terjadi akibat masuknya cairan pada ruang bakar atau bak gir ratio pada motor matik. Ketika Sobat Otobikes berkendara menerjang banjir, maka kemungkinan masuknya air dalam mesin cukup besar.

Pada motor matik, jika menerjang banjir maka kemungkinan masuknya air ke dalam bak gir ratio cukup tinggi. Hal ini dikarenakan adanya selang hawa pada komponen tersebut di atas.

Jika oli sudah bercampur dengan air dan berubah menjadi warna putih, dikutip dari laman resmi Total Indonesia begini cara penanganannya.

  • Tidak Menyalakan Mesin

Oli yang bercampur air dan berubah warna menjadi putih, akan membuat kualitasnya menurun. Fungsi-fungsi pelumas akan menurun dan jika tetap digunakan mesin berpotensi rusak.

  • Segera Ganti Oli Baru

Jika oli motor Sobat Otobikes sudah menjadi putih susu, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menggantinya dengan oli baru. Bahkan proses penggantian harus dilakukan berulang-ulang agar memastikan tidak ada air di dalam mesin.

  • Periksa Kebocoran

Jika Sobat Otobikes tidak menerjang banjir, namun tetap mengalami oli menjadi putih. Maka yang perlu dilakukan adalah memastikan tidak adanya kebocoran pada komponen mesin.

Pemeriksaan harus dilakukan secara mendetail agar hasilnya bisa memuaskan.

  • Suara Mesin Kasar

Jika oli sudah diganti namun mesin masih terdengar kasar, maka Sobat Otobikes perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya bengkel akan melakukan turun mesin untuk melakukan pemeriksaan hingga pembersihan menyeluruh.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.