Home » Tips Menjaga Rem Motor Tetap Pakem

Tips Menjaga Rem Motor Tetap Pakem

by AdminOto
Tips Rem Motor

OTOBIKES – Rem pada motor merupakan fitur yang paling penting karena berhubungan dengan nyawa pengendara dan pengguna jalan lain.

Kampas rem sendiri pada umumnya tidak lagi menggunakan bahan dasar asbes. Hal ini mencegah pencemaran lingkungan yang disebabkan pada proses pembuatannya.

Saat ini pabrikan mengalihkan penggunaan asbes dalam pembuatan kampas rem dengan metallic. Komponen ini masih terjangkau harganya daripada menggunakan bahan keramik.

Bicara soal pengereman khususnya motor, Sobat harus memperhatikan ketebalan kampas rem. Terlebih jika motor Sobat masih menggunakan kampas rem berbahan metallic atau campuran logam.

Karena berbagai campuran pada kampas rem ini akan menimbulkan bunyi yang bising ketika sudah terjadi keausan. Kampas rem jenis ini juga menimbulkan lebih banyak debu sehingga harus mendapat perawatan rutin.

Komponen yang berkaitan langsung dengan sistem pengereman, berfungsi untuk membantu menekan piringan cakram atau drum agar ban kendaraan dapat berhenti berputar. Tanpa adanya kampas ini, maka pengereman kendaraan akan sulit dilakukan.

Baca juga : Motor Listrik Gesits Dijajakan buat Kebutuhan Fleet, Segini Harganya

Dikutip dari laman Wahana Honda, berikut cara merawat kampas rem motor agar tetap awet saat digunakan sehari-hari.

1. Bersihkan kampas rem secara rutin

Cara pertama adalah dengan membersihkannya secara rutin. Apalagi jika baru digunakan untuk melintasi hujan atau jalanan yang digenangi air maupun lumpur.

Hal ini menyebabkan kampas rem sangat rawan kotor dan jika tidak dibersihkan dapat mengganggu efektivitas kinerjanya.

Untuk membersihkannya cukup mudah. Sobat hanya perlu membasuhnya dengan air bersih dan memastikan bahwa tidak ada debu, pasir, lumpur atau kotoran lain yang masih menempel.

Dengan demikian, kampas rem dapat berfungsi optimal seperti sedia kala.

2. Pastikan terdapat jarak antara kampas rem dengan piringan cakram

Sobat juga harus memastikan bahwa kampas rem memiliki jarak bebas dengan piringan cakram. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya gesekan yang sangat bising.

Jika jarak kampas rem dengan piringan cakram belum sempurna, Sobat bisa melihat langsung dengan memutar roda ban. Apabila terdapat gesekan, artinya posisi tersebut masih kurang tepat.

Segera ajak kendaraan Sobat Otobikes ke bengkel untuk melakukan penyesuaian.

3. Pastikan bearing atau laher motor selalu terlumasi

Bearing atau yang lebih sering disebut dengan laher adalah sebuah komponen yang bertugas untuk mengurangi gesekan pada roda. Lalu perputaran roda motor akan jauh lebih stabil dan lebih nyaman.

Sobat Otobikes harus memastikan bahwa bearing selalu dalam kondisi terlumasi dengan baik. Dengan demikian fungsinya akan jauh lebih maksimal untuk digunakan.

4. Hindari penggunaan rem mendadak

Hindari berkendara dengan kecepatan tinggi lalu mengerem mendadak. Sebab selain berbahaya, hal ini juga dapat membuat kampas rem lebih cepat aus dan mengurangi usia pakai komponen penting dari motor.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.