Home » Tips Merawat Skutik yang Kerap Diabaikan

Tips Merawat Skutik yang Kerap Diabaikan

by Tommy JP
Tips Perawatan Motor

OTOBIKES – Skuter matik (skutik) perlu mendapat perawatan berkala agar performanya tetap optimal seperti saat baru dibeli.

Skutik dewasa ini menjadi jenis sepeda motor yang paling digemari oleh masyarakat di Tanah Air. Bahkan penjualannya di Indonesia mencapai lebih dari 80 persen dibandingkan jenis model lainnya.

Hal ini berkaitan dengan nilai kepraktisan kendaraan jenis skutik sehingga menjadi idola kebanyakan orang. Skutik digunakan oleh berbagai kalangan dan ragam profesi di Indonesia. Pilihannya sendiri cukup bervariasi sehingga memudahkan konsumen dalam menentukan tunggangannya.

Baca juga : Warna Pelat Nomor Kendaraan jadi Putih, Kapan Berlakunya?

Meskipun skutik merupakan kendaraan yang praktis digunakan sehari-hari, namun tetap harus mendapatkan perawatan berkala. Terlebih di masa pandemi, di mana kendaraan lebih banyak diam di rumah.

Salah satu komponen sepeda motor jenis skutik yang kerap diabaikan adalah transmisi atau biasa disebut gardan. Gardan yang berupa gigi-gigi untuk memutar roda harus dilumasi dengan oli yang berkualitas.

Tidak hanya itu, pelumas gardan juga memiliki masa pakai yang telah ditentukan oleh setiap pabrikan. Banyak konsumen yang kerap mengabaikan perawatan berkala oli transmisi pada motor matik.

Oli transmisi matik sendiri berfungsi melumasi sistem kerja transmisi motor matik yang bergesekan. Oleh karena itu, penggantiannya harus bersifat rutin, tepat waktu, dan tentunya menggunakan oli berkualitas yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Dengan perawatan dan penggunaan oli transmisi yang tepat, suara mesin dapat tetap halus, laju motor tetap mulus serta ringan, sehingga mendukung keiritan penggunaan bahan bakar.

Oli yang bagus harus bisa menahan beban kerja yang tinggi. Selain itu memberikan perlindungan dari gesekan dan ancaman keausan. Oli ini juga harus bisa membersihkan ruang transmisi agar bebas dari kotoran yang ditimbulkan dari gesekan.

Untuk pemilik skutik Yamaha, pihak pabrikan merekomendasikan pelumas dengan merek Yamalube. Oli ini mampu memberikan perlindungan komponen secara maksimal.

“Oli Yamalube telah teruji kualitasnya karena dikembangkan bersamaan dengan mesin-mesin Yamaha. Selain itu, oli Yamalube juga mudah ditemukan di diler-diler resmi maupun bengkel umum dan banyak toko otomotif,” ucap Antonious Widiantoro, Manager Public Relations Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Yamalube Gear Oil tersedia dalam ukuran ekonomis yakni 100 ml, 140 ml dan 150 ml. Seluruhnya dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan motor matik Yamaha seperti

  • Yamaha Matik (karburator dan 125 blue core) Yamalube Gear Oil 100 ml
  • Yamaha Matik (injeksi 115) Yamalube Gear Oil 140 ml
  • Yamaha Maxi Yamalube Gear Oil 150 ml

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.