Home » Tips Motor: Agar Motor Awet Lakukan Perawatan Ini Setelah Perjalanan Jauh

Tips Motor: Agar Motor Awet Lakukan Perawatan Ini Setelah Perjalanan Jauh

by Anjar
Mesin/Pinterest

OTOBIKES

Melakukan perawatan motor merupakan aspek penting bagi para pengendara motor apalagi pada motor yang sering digunakan touring atau berpergian jarak jauh.

Touring atau berpergian jarak jauh  menggunakan motor merupakan hal yang meyenangkan apalagi bagi pecinta motor. Tak heran jika kita sering melihat para komunitas yang megadakan toruing bersama dengan anggotanya .

Tapi tahukah kamu jika kita sering melakukan perjalanan jauh menggunakan motor kita harus melakukan perawatan khusus agar menjaga kondisi mesin motor tetap awet dan tetap bekerja secara maksimal.

Oleh sebab itu, Setelah melakukan perjalanan jauh disarankan untuk melakukan perawatan pada motor. Berikut merupakan perawatan motor setelah melakukan perjalanan jauh.

  1. Mengganti Oli Mesin

Setelah melakukan perjalanan jarak jauh sebaiknya pemilik motor segera melakukan penggantian pada oli mesin. Umunya oli mesin pada motor diganti setelah menempuh jarak 1.500 sampai 2.000 km.

Walaupun belum menempuh jarak tersebut alangkah baiknya untuk melakukan penggantian oli. Karena saat melakukan perjalanan jauh oli mesin bekerja secara terus menerus sehingga oli menjadi lebih ecer atau berkurang.

Baca Juga: Jangan Diulang Lagi, Kebiasaan Sepele Ini Dapat Membuat Motor Cepat Rusak

2. Service Motor

Dalam istilah otomotif, servis disebut juga dengan istilah tune up, yang dilakukan dengan tujuan untuk menjaga performa kendaraan agar tetap prima. Apalagi, motor yang sering dipakai untuk berpergian jauh, yang dapat mengalami perubahan yang kemudian dapat disetel kembali lewat tune up.

Baca Juga: Jangan Diulang Lagi, Kebiasaan Sepele Ini Dapat Membuat Motor Cepat Rusak

3. Mengecek Ban dan Velg Motor

Setelah melakukan perjalanan jauh, periksalah kondisi velg dan ketebalan ban. Pada umumnya ban harus diganti setelah menempuh jarak kurang lebih 10.000 km. Jika kondisi ban sudah menipis  segeralah melakukan pergantian ban agar mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.