Home » Tips Otomotif: Ini Penyebab Motor Brebet dan Cara mengatasinya

Tips Otomotif: Ini Penyebab Motor Brebet dan Cara mengatasinya

by Anjar
Busi/Pinterest

OTOBIKES

Terjadinya kerusakan pada motor itu merupakan hal yang biasa. Pasalnya memang motor itu perlu untuk melakukan pergantian komponen tertentu agar motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Melakukan perawatan motor secara berkala juga dapat menjaga motor agar tetap bisa bekerja secara optimal.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada motor yaitu motor brebet atau ngempos, sebelum kita melakukan perbaikan pada motor sebaiknya kita harus tahu dulu apa penyebab motor tersebut brebet.

Baca Juga: Mau ganti oli? Jangan salah pilih, bahaya!

Berikut penyebab motor brebet dan cara mengatasinya

  1.  Filter Udara Kotor

Debu atau kotoran yang menempel pada filter motor akan menghambat pasokan udara dan akan menghambat proses pembakaran pada mesin. Alangkah baiknya agar mesin bisa bekerja secara optimal lakukanlah pembersihan filter secara rutin.

Baca Juga: Melihat Keunikan Katalis EV.500 Motor Listrik Kreasi Anak Bangsa Dengan Gaya Retro

2. Bahan Bakar

Bahan bakar merupakan aspek terpenting untuk menunjang motor ager bisa hidup. Terkadang penggunaan bahar bakar yang tidak sesuai dengan kompresi mesin juga dapat mengakibatkan brebet pada mesin motor.

3. Busi Rusak

Busi memiliki fungsi penting pada proses pembakaran pada mesin. Ketika busi sudah tidak lagi bagus biasanya motor akan brebet.

Ciri ciri busi rusak biasanya terdapat kotoran pada kepala busi. Untuk mengeceknya kamu bisa membersihkan busi dan apabila motor masih brebet atau tidak mau hidup berarti busi tersebut sudah mati dan harus diganti.

Baca Juga: Simak Tips untuk Merawat Motor Injeksi dengan Benar

4. Tanki Bahan Bakar Kotor

Hal sepele ini biasanya sering terlupakan. Walaupun tanki selalu tertutup tidak ada salahnya untuk mengecek keadaan tanki. Tidak melulu debu atau kotoran biasanya air juga bisa masuk ke dalam tanki bahan bakar. Solusi terbaik adalah menguras habis tangka tersebut.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.