Home » Yamaha Produksi Motor Listrik, Ini Daftar Harga, Jenis dan Spesifikasinya

Yamaha Produksi Motor Listrik, Ini Daftar Harga, Jenis dan Spesifikasinya

by AdminOto
OTOBIKES - Motor Listrik Yamaha Akan Dirilis di Indonesia, Ada e-Vino dan E01

Harga Motor Listrik Yamaha dan Spesifikasinya

OTOBIKES – Motor listrik Yamaha siap mengaspal di Indonesia pada akhir tahun ini. Tidak tanggung-tanggung perusahaan otomotif asal Jepang tersebut siap merilis 4 tipe motor sekaligus.

Salah satu produk motor listrik Yamaha adalah e-Vino yang memiliki desain mirip dengan Yamaha Fino dalam versi BBM. Namun, ukurannya lebih kecil untuk mengurangi beban kerangka motor.

Selain e-Vino, ada juga motor listrik Yamaha EMF, Yamaha E02, dan Yamaha E01. 2 brand yang terakhir saat ini melakukan uji kelayakan di Thailand dan bakal siap mengaspal di Indonesia pada akhir tahun ini.

Setiap jenis motor memiliki spesifikasi mesin yang berbeda. Karenanya, kecepatan yang dihasilkan juga berbeda dari 30 km per jam, hingga 104 km per jam. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan artikel berikut ini.

Jenis Motor Listrik Yamaha di Indonesia

Seperti pada bagian sebelumnya, Yamaha akan memproduksi 4 jenis motor listrik yang siap mengaspal di Indonesia. Produk tersebut merupakan pengembangan dari kendaraan ramah lingkungan produk perusahaan asal Jepang tersebut.

Motor Listrik Yamaha E01

Motor listrik dari Yamaha yang pertama adalah EO1, yang merupakan kendaraan terbaru dari brand satu ini. Saat ini E01 masih melakukan uji kelayakan di Thailand dan siap rilis di pasaran pada akhir tahun ini apabila lulus verifikasi.

Di Indonesia motor E01 sempat tampil di pameran Indonesia Internatiional Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Karenanya, prototipe dari motor jenis ini sudah pernah hadir di tanah air.

Oleh karena itu, untuk proses uji kelayakan di Indonesia akan lebih mudah. Pasalnya, sejumlah pengunjung IIMS Hybrid 2022 sudah pernah mencobanya dan tidak ada masalah yang berarti.

Tampilan bodi Yamaha E01 mirip dengan motor Yamaha Lexi, yakni skuter matic yang cukup banyak pembelinya di Indonesia. Untuk spesifikasi motor tidak terlalu banyak informasi karena belum rilis secara resmi.

Akan tetapi, untuk spesifikasi versi pasar Eropa, motor E01 memiliki kecepatan maksimal 104 km per jam. Untuk baterai motor ini menggunakan lithium ion 21.700 yang mampu bertahan dalam jarak tempuh hingga 104 km.

Yamaha E02

Varian motor selanjutnya yang akan rilis di Indonesia adalah E02. Sama seperti E01, motor ini juga sempat tampil di pameran IIMS Hybrid 2022. Sementara penampakan pertama dari motor ini terjadi pada Tokyo Motor Show 2019 lalu.

Untuk tampilan bodi, motor Yamaha E02 mirip dengan Yamaha Fazio untuk versi BBM. Meskipun belum ada keterangan resmi mengenai spesifikasi motor yang akan rilis di Indonesia ini, motor E02 akan memiliki mesin yang setara dengan 50cc.

Sementara kecepatan maksimal yang bisa Anda tempuh menggunakan motor E02 adalah 90 km per jam. Untuk baterai yang terpasang adalah lithium ion seberat 8 kg. Baterai ini dapat bertahan dalam jarak tempuh 80 km, serta memerlukan waktu 8 jam hingga terisi penuh.

Yamaha EMF

Motor listrik Yamaha yang selanjutnya adalah EMF yang memiliki desain futuristik. Motor ini sebetulnya sudah rilis sejak 2019, tetapi baru akan tersedia di Indonesia di tahun ini.

Tampilan dari EMF, lebih mirip dengan skuter alih-alih kendaraan bermotor pada umumnya. Hal itu untuk menunjang daya baterai yang kecil supaya bisa menempuh jarak yang cukup jauh.

Untuk akseselari motor Yamaha EMF mampu menempuh kecepatan maksimal 50 km per jam hanya dalam 3,5 detik. Torsi maksimal dari motor ini adalah 26 Nm dan mampu menghasilkan tenaga hingga 10,3 ps.

Motor Listrik Yamaha e-Vino

Seperti namanya, motor Yamaha e-Vino merupakan versi elektrik dari motor Yamaha Fino yang menggunakan BBM. Karenanya, desain dari motor ini menyerupai versi aslinya.

Untuk bahan bakar motor ini memiliki daya baterai 50 volt lithium ion. Dengan daya tersebut motor ini mampu berakselerasi hingga 44 km per jam, dengan jarak tempuh maksimal 33 km saat baterai terisi penuh.

Meskipun baterai motor terbilang cepat habis, tetapi proses pengisian daya cukup cepat, yakni selama 3 jam. Selain itu, motor ini juga dapat menggunakan baterai cadangan sehingga Anda dapat menggunakan beberapa baterai saat perjalanan jauh.

Motor Yamaha e-Vino sebetulnya sudah mulai rilis di pasaran sejak 2021 di beberapa negara. Namun, untuk pasar Indonesia baru akan tersedia pada tahun 2022.

Untuk harga 4 jenis motor listrik Yamaha di atas, belum ada nominal resmi. Namun, Anda sudah bisa memesannya dalam waktu dekat.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.