Home » Yang Khas dari Sirkuit Mandalika

Yang Khas dari Sirkuit Mandalika

by AdminOto

OTOBIKES,- Setelah 25 tahun berlalu, kini penyelenggaraan MotoGP kembali diselenggarakan di Indonesia dan bertepatan di Sirkuit Mandalika.  Tentunya ini jadi kebanggaan tersendiri bagi Bangsa Indonesia.  Apalagi ajang MotoGP 2022 ini digelar di Sirkuit Internasional Mandalika yang memiliki keunikan dan kekhasan yang tidak dimiliki sirkuit lain di dunia.  Apa saja itu?

 Instagram @motogp.mandalika

Sirkuit yang berlokasi di Desa Kuta, Lombok Tengah, NTB memiliki nama dari legenda Suku Sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat yaitu Putri Mandalika. 

Sirkuit ini juga memiliki fungsi ganda, sirkuit sekaligus jalan raya.  Jika sirkuit tidak gunakan balapan, berubah fungsi menjadi jalan raya.

Bahkan, di tikungan 15 dan 16, grip lintasan cat bernuansa merah putih dengan motif tenun ikat khas Sasak Lombok.

 

 Instagram @motogp.mandalika

Dari aspek teknis, sirkuit ini memiliki lintasan sepanjang 4,31 km dengan 17 tikungan.  Aspal yang gunakan merupakan Stone Mastic Asphalt (SMA) yang memiliki daya penetrasi tinggi, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan saat lintasan basah.  Lapisan paling atas datangkan dari Inggris sedangkan aspal bagian bawah merupakan asli buatan Indonesia.  Komponen lainnya pun mengandalkan produk buatan NTB.

Untuk daya tampung, saat situasi normal, Sirkuit Mandalika bisa menampung hingga 195 ribu penonton.

Keenam, sirkuit ini memiliki pemandangan indah karena kelilingi kawasan wisata, seperti Pantai Tanjung Aan, Pantai Seger, Pantai Kuta Mandalika, Pantai Gerupuk, Bukit Merese, dan beberapa desa adat di sekitarnya.   Bahkan, di tikungan 10-11 memiliki landscape Bukit Kenjering di bagian tengahnya.*(Melansir dari berbagai sumber) -SHA

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.