Home » Berikut 5 Tahapan Cara Pasang Aki Mobil yang Benar

Berikut 5 Tahapan Cara Pasang Aki Mobil yang Benar

by Siska Septiani

Oto-Bikes – Ada beberapa tahapan penting yang harus dilakukan saat memasang aki agar tidak terjadi masalah seperti korsleting atau kerusakan pada aki. Berikut rincian dari masing-masing tahapnya:

·         Lepaskan Aki Lama Terlebih Dahulu

Sebelum memasang aki baru, pastikan mesin mobil sudah dimatikan dan kunci kontak dalam posisi off untuk menghindari terjadinya korsleting pada saat melepas aki mobil. Kemudian, lepaskan aki lama dengan cara melepas kabel negatif lalu kabel positif.

Pastikan juga tidak ada benda logam atau alat yang menyentuh kedua kabel tersebut pada saat proses pelepasan agar terhindar dari korsleting. Kemudian, angkat aki lama dari tray aki mobil dan letakkan di tempat yang aman.

 

·         Tempatkan Aki Baru dengan Posisi Tegak Lurus

Setelah melepas aki lama, pasang aki mobil yang baru pada posisi yang benar. Yaitu, pastikan aki terletak pada posisi yang datar dan tegak lurus pada tray aki mobil. Hal ini bertujuan untuk memastikan aki terpasang dengan kokoh dan stabil.

Sehingga, akinya tidak akan mudah tergelincir atau terguncang saat mobil dijalankan. Jika tidak ditempatkan pada posisi yang tepat, maka cairan asam di dalam aki dapat tumpah atau bocor keluar hingga menyebabkan masalah baru.

BACA JUGA :  Motor Listrik Semarang

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.