Home » Wajib Tahu! Ini Penggunaan Lampu Hazard yang Benar

Wajib Tahu! Ini Penggunaan Lampu Hazard yang Benar

by Dikki Wahyu Afandi

OTO-BIKES.COM – Lampu hazard atau lampu isyarat bahaya pada mobil merupakan fitur penting yang harus digunakan dengan benar agar dapat memberikan peringatan kepada pengendara lain di jalan saat mobil mengalami masalah.

Namun, penggunaan yang salah dapat menyebabkan bahaya dan kebingungan bagi pengguna jalan lainnya. Artikel ini akan membahas etika menggunakan lampu hazard yang benar untuk menjaga keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lainnya.

 

Etika Penggunaan Lampu Hazard

Mengutip dari laman Daihatsu, saat ini , banyak pengguna mobil yang salah pengertian mengenai apa sebenarnya fungsi dari lampu hazard, berdasarkan pemaparan dari Sony Susmana sebagai Director Safety Consultant Indonesia (SDCI) yang kami kutip dari atikel kompas.com, terdapat kesalahan penggunaan lampu hazard.

Seperti penggunaan saat hujan deras, penggunaan tanpa tujuan yang jelas dan lain lain. Hal tersebut akan mebahayakan kendaraan dibelakang karena tidak dapat membedakan apakah kendaraan akan berbelok atau tetap lurus karena lampu sein tidak dapat digunakan.

Penggunaan lampu hazard yang benar mengacu pada Pasal 121 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, bahwa penggunaan hazard hanya dilakukan saat mogok, mengganti ban, dan lain lainnya.

 

Kapan Penggunaan Lampu Hazard yang Tepat

Penting untuk memahami kapan dan bagaimana menggunakan lampu hazard dengan benar. Lampu ini dirancang untuk memberikan peringatan kepada pengguna jalan lainnya ketika kendaraan harus berhenti secara mendadak di tengah jalan. Namun, penggunaan yang salah dapat membahayakan pengendara lain.

Lampu hazard hanya boleh digunakan dalam kondisi darurat seperti ketika kendaraan bermasalah atau terjadi kecelakaan lalu lintas, mengganti ban, orang menyeberang, atau mesin mogok. Jangan menggunakannya untuk tujuan lain karena itu dapat mengurangi fokus pengendara lain dan menimbulkan bahaya.

BACA JUGA :  Tips Lulus Ujian Praktik SIM Motor

Pastikan untuk memahami kapan dan bagaimana menggunakan lampu hazard dengan aman untuk menjaga keselamatan pengendara lain dan diri sendiri di jalan raya.

 

Etika Penggunaan Lampu Hazard

Berikut adalah beberapa tips tentang penggunaan lampu hazard yang benar:

Lampu hazard sebaiknya hanya digunakan dalam keadaan darurat atau sebagai tanda peringatan saat berkendara. Jangan gunakan saat konvoi, cuaca buruk, atau memasuki terowongan.

Saat dalam keadaan darurat, segera menepi dan menekan tombol lampu hazard untuk memberi peringatan kepada pengguna jalan lain.

Jangan menyalakan lampu hazard saat konvoi karena dapat membuat pengendara di belakang kebingungan dan terganggu.

Hindari menyalakan lampu hazard saat cuaca buruk karena dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengendara lain. Cukup berhati-hati dan menyalakan lampu utama atau lampu senja.

Tidak digunakan sebagai isyarat masuk terowongan. Gunakan lampu utama atau lampu senja agar lebih aman saat memasuki terowongan atau lorong gelap.

 

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.