Home » Jaga Sunroof Mobil Kesayangan anda, Cermati Tips Berikut!

Jaga Sunroof Mobil Kesayangan anda, Cermati Tips Berikut!

by Siska Septiani

Oto-Bikes – keberadaan panoramic sunroof membantu pengemudi berkendara dengan nyaman. Di saat cuaca sedang bagus dan udara sejuk, pengemudi dapat membuka atap ini alih-alih menyalakan AC untuk membuat udara di dalam mobil lebih sejuk.

Dan, saat cuaca hujan atau matahari bersinar terik, fitur ini dapat ditutup kembali. Dengan begitu, Anda dapat berkendara dengan tenang tanpa terganggu apa pun.

Dalam perawatan panoramic sunroof, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan. Pemilik mobil bisa melakukan ini sendiri di rumah. Namun, merawat fitur ini harus dengan hati-hati dan teliti sebab perawatan yang tidak tepat dapat mengganggu fungsi dan kinerja sunroof. Beberapa tanda bahwa sunroof tidak dirawat dengan baik adalah karet menjadi keras, bagian platnya tidak menutup dan membuka dengan baik, adanya kebocoran sehingga timbul water spot atau jamur pada plat kacanya.

·         Bersihkan Panoramic Sunroof Secara Rutin

Karena posisinya yang di atas, sunroof terkadang terkena kotoran dan debu bahkan pasir dan kerikil, terutama pada bagian relnya. Hal ini menyebabkan rel bergesek dan sunroof tidak bisa membuka dan menutup dengan baik.

Jika tidak dibersihkan, kotoran-kotoran tersebut akan menumpuk dan saluran pembuangan air pun menjadi terhambat. Ketika air di saluran ini menggenang, rel lama-lama menjadi berkarat dan akan timbul kebocoran.

·         Bersihkan Menyeluruh dan Hati-hati

Merawat panoramic sunroof sama dengan merawat bodi mobil dan kacanya. Jika lama tidak dibersihkan, bagian ini akan kusam dan berjamur lantaran terkena paparan sinar matahari dan air hujan. Karena itulah, ia perlu sekali dibersihkan.

BACA JUGA :  Lupa Bawa SIM, Bolehkah Ditunjukan Dengan Foto? Ini Penjelasan Polisi

Lakukan proses pembersihan dengan hati-hari dan perlahan. Pastikan bagian yang telah dicuci benar-benar kering. Jangan sampai masih ada sisa air atau sabun di plat, sehingga nantinya akan memicu pertumbuhan jamur.

·         Jangan Terlalu Sering Terkena Sinar Matahari Langsung

Panoramic sunroof dilengkapi karet yang berfungsi untuk mencegah air masuk ke dalam kabin ketika hujan turun. Karet di bagian ini dapat kering dan pecah jika terkena panas matahari. Alhasil, karet rusak dan tidak dapat menahan air yang jatuh.

·         Lindungi Rel Sunroof

 

Tips merawat panoramic sunroof lainnya adalah dengan melindungi rel. Bagian ini bisa rusak lantaran seiring bertambahnya usia mobil. Hal ini ditandai dengan menurunnya fungsi sunroof itu sendiri.

Untuk merawat bagian rel panoramic sunroof, bersihkan kerak dan karet dari rel. Setelah itu, gunakan cairan pelumas agar rel bergerak bebas tanpa terhambat.

 

·         Biarkan Bergerak Bebas

 

Apabila panoramic sunroof lengket atau macet, cek bagian yang bergerak, misalnya rel dan roda giginya apalah terlepas atau retak atau mungkin macet karena adanya tumpukan kotoran dan debu.

Nyalakan mesin mobil, lalu putar atap panoramic sunroof. Biarkan terbuka dan tertutup untuk mengidentifikasi bagian mana yang mengalami kerusakan. Lakukan beberapa kali sampai pergerakannya benar-benar lancar.

Apabila pergerakannya lebih lancar setelah beberapa kali dicoba dibuka tutup, Anda cukup tambahkan gemuk di bagian yang bergerak seperti rel dan roda giginya.

Namun, jika masih macet, kerusakannya mungkin lebih parah dari itu, dan Anda perlu penanganan profesional dari teknisi bengkel. Itu adalah cara merawat panoramic sunroof yang cepat dan terbaik.

 

·         Jangan Diamkan Sunroof Terlalu Lama

 

Sama seperti spare part kendaraan lainnya, jika dibiarkan terlalu lama, akan rusak. Panoramic sunroof pun demikian.

Meskipun Anda termasuk awet dalam menggunakan barang, tapi jika bagian mobil tersebut tidak pernah digunakan atau dibuka tutup, bagian ini akan rusak dan kehilangan fungsinya.

BACA JUGA :  Harga BBM Naik, Ini Rekomendasi Motor Baru Irit Bahan Bakar

Untuk menjaga fungsinya tetap normal, paling tidak gerakan sunroof sebanyak tiga kali dalam seminggu. Hal ini untuk membuat rel agar tidak lengket dan kaca sunroof tidak macet saat dipergunakan nanti.

 

·         Keringkan Sunroof Setelah Tersiram Air

 

Saat kendaraan sering digunakan, kemungkinan terkena hujan dan menjadi bahas pasti terjadi. Namun, jangan biarkan rel sunroof basah terus menerus sebab itu akan menimbulkan karat yang nantinya menghambat kinerja rel sunroof.

Sebab itulah, setelah mobil kebasahan, keringkan rel sunroof dengan lap atau kain fiber yang dapat menyerap air sampai benar-benar kering.

Jangan biarkan air mengering sendiri sebab itu akan menjadi kerak dan mengganggu performa dan penampilan kendaraan Anda. Cara merawat panoramic sunroof ini terlihat merepotkan, tapi dapat menjaga daya tahannya sehingga awet.

 

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.