Home » Terima Audiensi PT MGPA Nusantara Jaya, Menpora Dukung Program Pembinaan Bibit Pembalap Nasional

Terima Audiensi PT MGPA Nusantara Jaya, Menpora Dukung Program Pembinaan Bibit Pembalap Nasional

by Dikki Wahyu Afandi

OTO-BIKES.COM – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menerima audiensi PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya selaku pengelola Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika di ruang rapat lantai 10 Graha Kemenpora, Jalan Gerbang Pemuda Nomor 3, Senayan, Selasa (9/1/2024) sore.

Dalam pertemuan itu rombongan PT MGPA Nusantara Jaya yang datang bersama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memaparkan rencana-rencana event yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain rangkaian event nasional dan dunia, disampaikan juga program pembinaan, pembibitan pembalap-pembalap nasional untuk bisa berprestasi di kancah internasional.

“Kami di awal 2023 berkeinginan menciptakan bibit-bibit pembalap nasional. Kemudian dengan bekerja sama IMI (Ikatan Motor Indonesia, Red) menggelar Mandalika Racing Series yang sudah berjalan tiga putaran di 2023,” terang Direktur Utama MGPA Nusantara Jaya, Priandhi Satria.

Program ini, sambung Priandhi, akan segera dilanjutkan di 2024 dengan rencana lima kali series. Dalam pelaksanaannya nanti direncanakan bekerja sama dengan VR46 Racing Team besutan legenda Moto GP Valentino Rossi.

“Kami berkeinginan melanjutkan Mandalika Racing Series untuk mencari bibit-bibit untuk ikut serta dalam kejuaraan asia maupun dunia,” sebutnya.

Sehingga harapannya melalui pembibitan pembalap ini, ke depan Indonesia bukan hanya menjadi tempat penyelenggaraan MotoGP. Melainkan juga bisa mengikutsertakan pembalapnya untuk ikut berpartisipasi dalam balapan kasta tertinggi di dunia tersebut.

Sementara itu Dirut ITDC Ari Respati menyatakan pihaknya mengharapkan dukungan dari Kemenpora dalam mendorong lahirnya local hero pembalap nasional. Salah satunya melakukan ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) yang akan kembali digelar di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

“ARRC ini memang menjadi salah satu fokus kami. Banyak pembalap kita yang sudah berprestasi naik podium dalam seri-serinya,” kata Ari.

BACA JUGA :  Perpisahan Dipercepat, Vinales tak Balapan lagi sampai Akhir Musim

Seusai pemaparan, Menpora Dito menyambut baik rencana MGPA Nusantara Jaya untuk penyelenggaraan event di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika. Khususnya terkait program pembinaan pembalap nasional yang sedang dikembangkan.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.