Home » Kamu Sering Mabuk Saat Berpergian? Lakukan Cara Ini

Kamu Sering Mabuk Saat Berpergian? Lakukan Cara Ini

by Siska Septiani

Oto-Bikes – Mabuk perjalanan kerap terjadi meski Anda sedang mengendarai atau menjadi penumpang mobil pribadi. Tidak hanya anak-anak, mabuk di perjalanan juga seringkali menimpa orang-orang dewasa. Jika sudah demikian, tentu perjalanan Anda akan menjadi terganggu dan tidak nyaman. Namun tidak perlu khawatir karena kondisi demikian dapat dicegah, simak ulasannya di artikel ini!

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membantu Anda untuk mencegah dan mengatasi mabuk saat perjalanan.

  1. Mengatur Posisi Duduk

Posisi duduk Anda juga mempengaruhi kenyamanan perjalanan Anda. Jika Anda mengambil posisi duduk yang miring atau berlawanan dengan laju mobil, maka bisa membuat Anda mengalami motion sickness.

Selain itu, Anda juga bisa jadi mabuk apabila duduk dalam posisi yang tidak nyaman misalnya terlalu berhimpitan.

Jadi, sebaiknya Anda mencoba untuk mengatur tempat duduk Anda. Temukan posisi paling nyaman, apalagi jika Anda hendak melakukan perjalanan yang panjang. Duduklah dengan menghadap ke depan dan pastikan tidak terlalu sempit.

Duduk di area paling belakang dari kendaraan juga berpengaruh, guncangan yang terjadi dapat lebih terasa. Maka Anda bisa bijak memilih tempat duduk yang sekiranya aman dan nyaman bagi Anda yang rawan diserang mabuk saat perjalanan.

  1. Tidak Kekenyangan Sebelum Berangkat

Perut yang kosong memang tidak baik untuk perjalanan, karena Anda bisa terserang masuk angin.

Namun bukan berarti Anda harus membuat perut Anda kekenyangan. Karena hal ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman, mual dan dapat berujung muntah.

Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan dan minuman berlebihan sebelum berangkat. Jika hendak makan, ada baiknya dilakukan 2 jam sebelum perjalanan dimulai.

  1. Cukup Istirahat

Seperti yang disebutkan di atas bahwa kelelahan fisik bisa menjadi pemicu mabuk perjalanan. Untuk mencegah hal tersebut, Anda harus cukup istirahat sebelum melangsungkan perjalanan.

BACA JUGA :  New Prototipe Tesla Cybertruck Memberi Masalah Pada Elon Musk

Jangan sampai Anda kurang prima atau tidak fit, karena hanya akan membuat perjalanan Anda jadi tidak nyaman.

  1. Melakukan Rehat Sejenak

Untuk perjalanan yang jauh, tentu saja Anda membutuhkan istirahat sejenak. Anda bisa berhenti di rest area untuk menghirup udara segar dan melepaskan suntuk. Hal ini akan membantu Anda terhindar dari penat, lelah dan juga dapat mengurangi rasa pusing ataupun mual yang menyerang. Apalagi jika Anda terjebak dalam perjalanan yang medannya berliku dan macet yang panjang.

  1. Sebaiknya Tidak Membaca atau Bermain Gadget

Anda mungkin berpikir bahwa kedua kegiatan tersebut dapat membantu Anda lepas dari rasa bosan. Namun, kegiatan tersebut dapat membuat Anda jadi pusing dan mual. Hal itu dikarenakan adanya ketidakselarasan di antara telinga ataupun indera penglihatan Anda.

Sebab, Anda mencoba untuk berfokus pada satu hal. Namun selain itu tubuh Anda juga harus menjaga keseimbangan dari terpaan guncangan.

Tentu saja hal tersebut akan memicu mual dan pusing. Sebaiknya melakukan hal tersebut saat mobil dalam keadaan berhenti.

  1. Konsumsi Obat Mabuk Perjalanan

Konsumsi obat untuk mabuk saat perjalanan bisa Anda lakukan 2 jam sebelum perjalanan dimulai. Sebaiknya memang diminum sebelum munculnya gejala mabuk, karena sifatnya adalah sebagai pencegahan.

Merujuk dari situs resmi Kementerian Kesehatan, obat anti mabuk yang biasa diresepkan oleh dokter adalah domperidone, metoclopramide dan ondansetron.

Biasanya efek samping obat-obatan tersebut adalah munculnya kantuk, Oleh karenanya, obat tersebut tidak disarankan dikonsumsi oleh pengemudi kendaraan.

Kini Anda telah mengetahui apa saja yang menyebabkan kondisi mabuk perjalanan. Tak hanya itu, Anda juga telah mengetahui solusi pencegahan dan cara mengatasinya.

Jangan sampai perjalanan Anda jadi terganggu karena munculnya gejala mabuk. Selagi dapat dicegah, maka tidak ada salahnya jika Anda menerapkan langkah pencegahannya.

BACA JUGA :  Apa Itu Asuransi Resmi Mobil Honda?

Sebaiknya, Anda juga mempersiapkan perjalanan dengan sebaik mungkin. Tidak hanya pada kondisi tubuh namun juga pada kondisi kendaraan. Pastikan kendaraan yang akan Anda bawa untuk perjalanan panjang juga dalam kondisi yang optimal.

 

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.