Home » Ini Penyebab Oli Kalian Sering Rembes

Ini Penyebab Oli Kalian Sering Rembes

by Siska Septiani

Oto-Bikes – Penyebab rembesan oli pada mobil dapat bervariasi, seperti segel atau karet yang rusak, gasket yang sudah usang, dan lain sebagainya. Berikut ini berbagai kemungkinan penyebab timbulnya rembesan yang perlu Anda ketahui:

  1. Filter Oli Sudah Usang atau Rusak

Filter oli pada mobil memiliki fungsi untuk menyaring kotoran dan partikel-partikel kecil yang terdapat dalam oli, sehingga oli yang dipompa ke mesin menjadi lebih bersih. Jika filternya bermasalah maka partikel-partikel tersebut tidak dapat disaring. Jika dibiarkan terus menerus, hal ini bisa menyebabkan terjadinya rembesan oli pada mobil. Selain itu, komponen filter yang rusak juga dapat menyebabkan tekanan pada sistem pelumas menjadi tidak seimbang dan mengakibatkan oli keluar dari mobil.

  1. Steker Pembuangan Oli Bermasalah

Penyebab oli mobil rembes selanjutnya adalah masalah pada steker pembuangan oli. Pada dasarnya, komponen ini berfungsi untuk mengalirkan cairan pelumas dari mesin ke tempat penyimpanan oli.

Jika steker pembuangan oli bermasalah, seperti rusak atau tidak kencang, maka oli bisa keluar dari celah antara steker dan mesin, hingga menyebabkan munculnya rembesan.

  1. Gasket Sudah Usang

Gasket adalah komponen yang berfungsi untuk mengisi celah antara dua komponen berbeda dan mencegah kebocoran. Pada mobil, gasket digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian mesin berbeda, seperti blok mesin dan kepala silinder.

Apabila komponen ini sudah usang atau rusak, maka celah antara dua komponen tersebut tidak dapat diisi dengan baik, sehingga bisa menyebabkan oli merembes keluar.

 

  1. Overfilling (Oli Melebihi Kapasitas)

Menggunakan oli sebagai pelumas memang penting. Namun overfilling atau pengisian oli melebihi kapasitas yang direkomendasikan ternyata dapat menyebabkan terjadinya masalah oli mobil rembes.

Hal ini karena kapasitas oli pada mesin dan transmisi mobil sudah dirancang sedemikian rupa. Jika olinya melebihi kapasitas yang direkomendasikan, maka tekanan pada sistem oli akan menjadi tidak seimbang.

BACA JUGA :  Alva One Motor Listrik

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.