Home » Kenapa Truk dan Bus Setia Menggunakan Mesin Diesel?

Kenapa Truk dan Bus Setia Menggunakan Mesin Diesel?

by admin

OTOBIKES,- Sebenarnya ada 2 jenis mesin dunia kendaraan mobil, yaitu mesin bensin dan mesin diesel. Mesin Diesel biasanya digunakan untuk kendaraan besar seperti bus dan truk, sedangkan mesin bensin biasanya ada di mobil-mobil atau kendaraan kecil namun ada juga beberapa mobil kecil yang lebih memilih menggunakan diesel.

Walaupun kini mobil dengan bensin lebih banyak digunakan dari pada diesel, tapi bus dan truk tetap setia menggunakan mesin diesel. Apa penyebabnya ?

Alasan 

Bukan tanpa alasan, 2 kendaraan besar yang baisa mengangkat beban hingga puluhan ton itu lebih memililih diesel. Mesin diesel ternyata memiliki memiliki keunggulan torsi yang besar yang bisa capai pada putaran mesin yang rendah. Jadi si diesel ini adalah pekerja keras. 

Terdapat beberapa faktor mengapa diesel bisa menghasilkan torsi yang besar yaitu rasio kompresi, laju pembakaran, turbo, densitas energi, dan panjang stroke. Tapi yang paling mempengaruhi adalah besarnya kompresi, semakin tinggi kompresinya maka akan semakin besar juga torsi yang bisa hasilkan.

Alasan yang kedua adalah iritnya bahan bakar, mesin ini biasanya menggunakan solar sebagai bahan bakarnya dan  juga berputar tidak terlalu tinggi. Hal ini membuat konsumsi bahan bakar akan lebih irit jika bandingkan dengan mesin bensin. Selain itu bahan bakar solar juga relatif lebih murah bandingkan bahan bakar mesin bensin.

BACA JUGA : Sesi Latihan Bebas 2 MotoGP Qatar 2022, Suzuki Tercepat

BACA JUGA :  Menjelajah Tempat Bersejarah, Pesona Indah Kota Zaman Dulu di Semarang

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.