Home » Mudah Banget! Tips Menjaga Kerangka Sepeda Motor Agar Tidak Mudah Patah

Mudah Banget! Tips Menjaga Kerangka Sepeda Motor Agar Tidak Mudah Patah

by Dikki Wahyu Afandi

OTOBIKES – Rangka sepeda motor yang mudah patah bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya seperti tekanan dan beban yang berlebihan, hingga faktor material dan proses produksi dari pabrikan yang kurang baik.

Efek lingkungan dan pemeliharaan yang kurang baik juga memiliki peran penting dalam ketahanan rangka motor Anda.

Selain itu, kecepatan dan gaya berkendara yang agresif bisa meningkatkan beban yang diterima oleh rangka hingga membuatnya cepat rusak.

Berdasarkan berbagai faktor penyebab tersebut, ada beberapa hal perlu diperhatikan dan diterapkan agar rangka sepeda motor Anda tetap terawat dan tidak mudah patah. Sebagai panduan, ikuti ulasan lengkapnya di bawah ini!

Lakukan Pemeriksaan Rutin

Pemeriksaan berkala adalah salah satu tips menjaga rangka sepeda motor yang paling penting Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pemeriksaan:

 

Korosi pada Rangka

Karat yang muncul dapat mengurangi kekuatan rangka. Selain itu, karat akibat korosi pada rangka dapat terjadi akibat berbagai faktor seperti cat yang mengelupas, benturan benda tajam, atau kontak dengan bahan kimia.

Untuk mengatasi karat ringan, bersihkan dengan sikat kawat dan amplas sebelum memberikan cat pelindung yang sesuai. Namun jika karatnya sudah terlanjur parah, kemungkinan akan memerlukan tindakan pengelasan ulang.

 

Kekakuan Rangka

Kekakuan rangka adalah faktor penting dalam stabilitas sepeda motor. Ini dapat dipengaruhi oleh produksi pabrik yang kurang baik atau kesalahan penggunaan.

Kecelakaan, beban berat, atau kondisi jalan yang buruk juga dapat mempengaruhi kekakuan rangka. Oleh karena itu, pemeriksaan dan perawatan berkala wajib dilakukan untuk menjaga kekakuannya.

 

Kemiringan Stang Kemudi

Benturan kecil atau kecelakaan dapat menyebabkan stang kemudi menjadi bengkok hingga mempengaruhi kendali sepeda motor Anda. Karena itu, periksa suspensi depan, stang, dan poros kemudi motor secara rutin.

BACA JUGA :  Agar Touring Lebih Aman dan Nyaman, Perhatikan Tips Berikut Sebelum Touring Jarak Jauh

 

Kemiringan Roda Depan dan Belakang

Jika motor Anda cenderung mudah berbelok dan muncul getaran yang tidak normal saat dikemudikan, posisi rodanya bisa jadi tidak sejajar atau ada baut yang kendur. Jadi, periksakan juga kesesuaian roda depan dan belakang Anda.

 

Pemeriksaan Retakan Rangka

Retakan pada rangka dapat mengakibatkan getaran yang mengakibatkan kerusakan lebih parah. Retakan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk korosi, beban yang berlebihan, atau kecelakaan.

Untuk mendeteksi adanya retakan, lapisan catnya perlu dikupas, kemudian diidentifikasi menggunakan cairan khusus. Retakan ringan bisa diatasi dengan cara dilas, tetapi yang lebih parah akan memerlukan penggantian rangka.

 

Hindari Beban Berlebihan

Tips menjaga rangka sepeda motor selanjutnya adalah jangan membawa beban melebihi kapasitas yang ditentukan oleh pabrikan.

Pasalnya, ini bisa mengakibatkan tekanan yang tidak normal pada bagian rangka dan komponen lainnya.

Ini juga dapat mengurangi daya pengereman, stabilitas, dan umur pemakaian komponen motor. Untuk menghindari masalah tersebut, pertimbangkan langkah-langkah berikut:

 

Cek Kapasitas Maksimal

Pastikan untuk mengetahui kapasitas maksimal beban yang diizinkan pabrikan.

Informasi ini biasanya tertera di buku manual pengguna atau plakat informasi pada motor Anda.

 

Jangan Melebihi Batas Kapasitas Maksimal

Kemudian, pastikan total berat penumpang dan barang atau beban lainnya tidak melebihi batas kapasitas maksimal sesuai informasi di atas.

 

Perhatikan Batas Beban Tambahan

Beberapa jenis sepeda motor tertentu ada yang memberikan pembatasan berat tambahan untuk bagian bagasi atau di rak paling atas. Patuhi juga batasan tersebut!

 

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.