Home » Strategi Irit Bahan Bakar untuk Sepeda Motor

Strategi Irit Bahan Bakar untuk Sepeda Motor

by Siska Septiani

Oto-Bikes,- Pada dasarnya, sepeda motor adalah kendaraan yang jauh lebih hemat BBM dibandingkan kendaraan bermotor lain seperti mobil, bus, maupun truk. Namun, Anda masih bisa menghemat penggunaannya melalui beberapa cara.

Adapun cara mengirit penggunaan BBM saat berkendara dengan sepeda motor bisa dilakukan melalui pengontrolan gaya berkendara serta kondisi kendaraan. Sebagai panduan, berikut ini beberapa tips dan strategi penting yang bisa Anda terapkan.

Pertama-tama, penting untuk memeriksa dan memastikan bahwa tekanan angin pada ban sepeda motor Anda berada dalam kondisi optimal. Sebab, ban yang terlalu padat atau terlalu kempis dapat mengurangi efisiensi bahan bakar.

Secara lebih rinci, tekanan angin yang kurang dapat meningkatkan gesekan ban dengan jalan, sehingga meningkatkan konsumsi BBM. Di sisi lain, tekanan yang terlalu tinggi bisa membuat motor menjadi tidak stabil dan berisiko kehilangan traksi.

Karena itu, pastikan untuk memeriksa tekanan angin secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrik. Jika dirasa kurang, segera pompa ban di bengkel terdekat. Sebaliknya, kurangi tekanan anginnya jika dirasa terlalu berlebihan.

  • Hindari Membawa Muatan Berlebihan

 

Membawa muatan berlebihan pada sepeda motor ternyata dapat menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar. Berat yang berlebihan memaksa mesin bekerja lebih keras untuk menggerakkan motor, sehingga membutuhkan lebih banyak BBM.

Karena itu, strategi irit bahan bakar selanjutnya yaitu menjaga muatan sepeda motor tetap stabil, baik itu muatan penumpang maupun barang. Usahakan untuk mengurangi muatan yang tidak perlu agar motor lebih ringan dan penggunaan BBM lebih efisien.

BACA JUGA :  Cek Komponen Motor ini Ketika Mudik

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.