Home » Ojek untuk Makanan Balita, Program Jabar Cegah Tengkes

Ojek untuk Makanan Balita, Program Jabar Cegah Tengkes

by admin
Cegah stunting, kini hadir ojek untuk makanan balita.* (FOTO: Biro Adpim Jabar)

OTOBIKES (KAB. SUBANG),- Kini hadir ojek untuk makanan balita atau Omaba (Ojek Makanan Balita. Program ini menjadi upaya jitu dalam mencegah permasalahan tengkes atau stunting di Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memaparkan hal ini ketika menghadiri Apel Siaga Tim Pendamping Keluarga Nusantara Bergerak Tingkat Nasional, di Alun-Alun Kabupaten Subang, Kamis (12/05/2022).


Omaba merupakan ojek yang khusus membagikan makanan sehat gratis untuk balita keluarga kurang mampu. Omaba merupakan salah satu strategi unggulan dalam pengentasan masalah gizi buruk dan tengkes.


“Masalah stunting di antaranya terkait jumlah puskesmas yang terbatas di Jawa Barat dan Indonesia. Atau rumah dengan kondisi air tidak higienis,  pengasuhan yang kurang ilmu, dan gizi buruk,” kata Ridwan Kamil.

Baca Juga : Harley Davidson Keluarkan Motor Listrik Produksi Terbatas


“Maka kami mempunyai program yang apresiasi dunia, namanya Omaba bagi yang betul-betul tidak bisa. Kita ada inovasi makanan yang masak oleh Tim Penggerak PKK, lalu kirim ojeknya oleh ibu-ibu sebanyak dua porsi sehari,” ujarnya.


Dalam kesempatan yang sama, menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, Pemerintah Daerah Provinsi Jabar menargetkan, jumlah balita tengkes pada 2024 tersisa sekitar 13 persen.

BACA JUGA :  Piaggio Indonesia Coba Peruntungan di Jawa Timur

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.