Home » Apa Yang Akan Terjadi Jika Kita Membiarkan Oli Bocor, Simak Artikel Berikut!

Apa Yang Akan Terjadi Jika Kita Membiarkan Oli Bocor, Simak Artikel Berikut!

by Siska Septiani

Oto-Bikes – Seperti yang sudah anda ketahui, oli merupakan cairan pelumas yang menjadi komponen penting bagi motor. Apa sja dampak buruk jika oli bocor? Berikut merupakan beberapa dampaknya.

 

  • Komponen Mesin Menjadi Aus

Oli merupakan pelumas yang bertugas untuk mengurangi gesekan mesin, atau bahkan menjadikan tidak ada gesekan. Jika oli tidak dalam kondisi baik atau bocor, maka hal ini dapat berdampak buruk bagi komponen yang ada di mesin motor.

Komponen mesin dapat menjadi aus jika oli motor bocor atau tidak berada dalam kondisi baik. Jika sudah demikian, Anda perlu membawa motor Anda ke bengkel untuk penanganan mesin.

 

  • Suara Mesin Jadi Kasar

Masih berkaitan dengan mesin, oli yang bocor dapat membuat suara mesin menjadi lebih kasar. Jika sudah berlebihan, maka Anda perlu mengecek mesin yang dirasa tidak dalam kondisi baik.

 

  • Bocornya Oli di Jalan, Dapat Membahayakan Pengguna Jalan Lainnya

Jika dua dampak sebelumnya terkait mesin, selanjutnya yakni dampak untuk pengguna jalan lainnya. Jika oli motor Anda mengalami kebocoran di jalan, hal tersebut pastinya berpotensi untuk membahayakan pengguna jalan lain.

Jalan yang terkena kebocoran oli, menjadi licin untuk dilalui kendaraan. Ini dapat membuat kemudi tidak stabil bahkan dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

 

BACA JUGA :  Tanda-tanda Aki Motor Perlu Diganti

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.