Home » Penyebab Sensor Mobil Bunyi Terus

Penyebab Sensor Mobil Bunyi Terus

by Siska Septiani

Oto-Bikes,-Sensor mobil berfungsi untuk membantu Anda untuk mengetahui berbagai objek di sekitar mobil. Dengan begitu, Anda dapat melakukan kendali mundur atau parkir dengan lebih aman dan nyaman.

Adanya sensor ini membuat Anda tidak perlu lagi memperkirakan jarak secara manual. Sensor mobil akan membantu Anda untuk mengetahui objek-objek di sekitar mobil.

Teknologi ini semakin banyak dipakai untuk berbagai jenis mobil yang beredar di pasaran. Namun, seringkali terdapat masalah dan sensor tersebut mengeluarkan bunyi secara terus-menerus.

Bunyi yang tidak berhenti dari sensor mobil dapat mengganggu Anda dan orang-orang di sekitar. Bunyi tersebut juga dapat merusak konsentrasi.

Terdapat berbagai penyebab yang membuat bunyi tidak berhenti dari sensor mobil Anda. Hal-hal yang menjadi penyebab ini perlu Anda perhatikan untuk dapat menentukan solusi yang tepat dari permasalah sensor mobil Anda.

 

Penyebab sensor mobil bunyi selanjutnya yaitu bisa jadi bagian sensor mobil tertutupi oleh cat body. Melakukan berbagai jenis pengecatan yang tidak benar atau asal-asalan dapat membuat bagian sensor menjadi tertutup.

Hal tersebut membuat deteksi sensor menjadi terganggu. Akibatnya, sensor mobil dapat mengeluarkan bunyi terus-menerus dan jadi mengganggu.

 

  • Kondisi Sensor Mobil Kotor

 

Penyebab pertama yang dapat membuat bunyi terus-menerus pada sensor mobil adalah kondisi yang kotor. Jika kondisi sensor mobil kotor, maka dapat menutupi bagian tertentu.

Hal ini dapat membuat deteksi sensor yang dilakukan pada area tersebut menjadi tidak maksimal atau mengalami gangguan.

Noda atau kotoran yang menempel bisa jadi terdeteksi sebagai objek yang berada dalam jarak dekat, sehingga diperingati dengan bunyi.

BACA JUGA :  Bolehkah Mengganti Warna Velg Motor?

 

  • Rusaknya Instalasi Sensor

 

Ketika terjadi masalah pada sensor mobil, maka sebaiknya Anda melakukan pengecekan terhadap instalasi dari kabel sensor mobil.

Penyebab sensor mobil bunyi dengan tidak normal, bisa jadi karena terdapat kabel yang mengalami masalah. Dampaknya, komponen dalam mobil tidak dapat berfungsi dengan baik.

 

  • Tidak Tersalurkannya Arus Listrik dengan Baik

 

Hal selanjutnya yang perlu dicek adalah bagian tegangan listrik. Anda bisa melakukan pengecekan tegangan listrik dengan menggunakan alat pengukur. Silakan cek terlebih dahulu, apakah saluran sampai atau tidak ke bagian sensor mobil.

Jika terdapat gangguan sehingga arus listriknya tidak normal atau listriknya tidak tersalurkan dengan baik, maka kinerja dari sensor dapat menjadi terganggu.

 

  • Rusaknya Sensor ECU

 

Sensor mobil berbunyi secara terus-menerus juga bisa jadi karena terdapat elemen yang rusak. Salah satu atau beberapa elemen dari sensor mobil mungkin saja mengalami kerusakan sehingga tidak menjalankan fungsinya dengan baik.

Untuk mengetahui hal ini, maka perlu dilakukan uji coba terhadap modul atau ECU. Anda perlu mengecek, fungsinya masih berjalan dengan baik atau justru sudah rusak.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.