Home » PT AHM Gelar Festival Vokasi Satu Hati

PT AHM Gelar Festival Vokasi Satu Hati

by admin

OTOBIKES,- PT Astra Honda Motor (AHM) gelar Festival Vokasi Satu Hati yang diikuti pelajar dan tenaga ajar di 712 SMK mitra binaan perusahaan. Rangkaian kegiatan Festival Vokasi Satu Hati yang berlangsung sejak Januari hingga April 2022 ini menjadi salah satu upaya AHM untuk terus bersinergi dengan dunia pendidikan guna mencetak SDM unggul dan siap terjun di dunia kerja.

Festival Vokasi Satu Hati yang pertama di lakukan AHM ini menghadirkan beragam kegiatan yang di selenggarakan bersama main dealer Honda di seluruh Indonesia, seperti Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru dan Vocational Video Challenge.

Ajang kreativitas bagi guru serta pelajar ini, terlebih dahulu dilaksanakan seleksi tingkat regional sejak awal Januari hingga Februari yang nantinya akan terpilih sebanyak 27 peserta guru dan 40 murid untuk masuk dalam tahap seleksi tingkat nasional.

Selain untuk guru dan siswa, pada bulan Maret, Festival Vokasi Satu Hati akan menggelar “Nastional Assement for SMK” untuk monitoring dan kalibrasi kesiapan proses belajar dari sisi fasilitas, kegiatan kurikulum ajar dan kesiapan tenaga ajar.

Seluruh rangkaian kegiatan akan di tutup dengan sesi apresiasi yang di berikan kepada dunia pendidikan baik untuk sekolah, para pengajar dan para siswa pada bulan April 2022.

BACA JUGA : CFMoto CLX250 2022, Senjata Pabrikan Cina Lawan Motor Jepang Kelas 250 cc

Pada program Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru, para peserta kontes. Melakukan prakter kerja teknikal yang di lakukan secara Online dengan waktu 10 menit. Membawakan materi ajar yang sesuai kurikulum SMK yang implementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Para peserta di nilai berdasarkan materi ajar yang di buat, cara membawakan materi, dan kesesuaian materi ajar dengan kurikulum.

BACA JUGA :  Terpilih 3 Besar Student Contest, Wakili Yamaha Jawa Barat di Tingkat Nasional

Program Vocational Video Challenge

Pada program lainnya yakni “Vocational Video Challenge” bagi para siswa. Para peserta di tantang untuk membuat video belajar sepeda motor Honda berdurasi maksimal 10 menit.

Video yang dikirimkan siswa terbagi menjadi 3 tema materi. Yaitu pemeriksaan tegangan batere dan pengukuran peak voltage. Penggantian seal front fork ataupun bongkar pasang valve in dan valve ex.

Pembuatan video di lakukan di laboratorium SMK masing-masing dengan unit sepeda motor Honda. Peralatan sesuai prosedur kerja di industri, dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Dalam pengawasan guru pembimbing di sekolah.

Semua kontestan yang masuk sebagai finalis nasional akan memperebutkan beasiswa pendidikan puluhan juta rupiah.

BACA JUGA : Mooney Siap Dukung Valentino Rossi di Balap Mobil dan Tim VR46

Sementara itu, National Assesment for SMK 2022 akan mengevaluasi terhadap kinerja SMK mitra binaan AHM. Secara holistik yang secara konsisten di laksanakan secara rutin setiap tahun dan akan menjadi nilai rapor SMK mitra binaan.

Adapun aspek penilaian melihat beberapa sisi yakni sarana dan prasarana SMK. Sistem dan administrasi SMK, kesiapan tenaga ajar hingga prestasi SMK.


Festival Vokasi Satu Hati 2022 di tutup dengan rangkaian acara webinar menarik. Yaitu mengulas dunia pendidikan dan industri, sehingga dapat menambah wawasan para peserta yang hadir dalam kegiatan ini.* – GOJAY

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.