Home » Sering Keliru, Ternyata Inilah Perbedaan SUV dan MPV

Sering Keliru, Ternyata Inilah Perbedaan SUV dan MPV

by Dikki Wahyu Afandi

OTO-BIKES.COM – Berbagai jenis mobil hadir di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar. Sebut saja city car, LCGC, hatchback, sedan, crossover sampai SUV dan MPV. Dua jenis mobil terakhir yaitu SUV dan MPV sering tertukar dan masih banyak orang yang belum tahu perbedaannya. Atau mungkin Sahabat juga?

Ketika memasuki dunia otomotif, pilihan antara SUV (Sport Utility Vehicle) dan MPV (Multi-Purpose Vehicle) seringkali menjadi perdebatan bagi calon pembeli.

Artikel ini akan membahas perbedaan  antara mobil SUV dan juga MPV yang akan membantu pembaca memahami karakteristik unik dan pertimbangan penting yang dapat memengaruhi keputusan pembelian. Simak informasinya.

 

  1. Kegunaan

Perbedaan pertama dari mobil SUV dan MPV adalah terletak pada kegunaannya. SUV merupakan singkatan dari Sport Utility Vehicle dan termasuk jenis mobil sport. Bentuk, ukuran sampai kekuatan mesin disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan sport. Jenis mobil sport pada umumnya dirancang kuat dan tangguh di segala medan.

Sementara itu, MPV merupakan singkatan dari Multi Purpose Vehicle yang diperuntukkan sebagai mobil keluarga. Desain, body hingga kekuatan mesinnya pun dirancang untuk kebutuhan kendaraan keluarga serta mengutamakan segi kenyamanan.

 

  1. Body mobil

Perbedaan keduanya langsung dapat terlihat dari body mobil. SUV didesain dan terlihat lebih tangguh, memiliki ground clearance 200 milimeter karena ada ban besar dan velg berdiameter 15 inci. Kontur ban juga tampak lebih garang lantaran didesain untuk tangguh di medan licin sekalipun.

Sedangkan mobil MPV cenderung dirancang lebih elegan. Velg yang disematkan pun berukuran standar sehingga pas dikendarai bersama keluarga. Untuk kontur bannya sendiri juga tidak sekekar mobil SUV, mobil MPV cocok dikendarai di jalan halus perkotaan.

BACA JUGA :  Simak, Ini 9 Tips Merawat Mobil Agar Kondisi Tetap Prima dan Optimal

 

  1. Kapasitas penumpang

Perbedaan ketiga antara mobil SUV dan MPV bisa dilihat dari kapasitas penumpangnya. Mobil MPV yang memang diperuntukkan sebagai kendaraan keluarga, jelas mobil ini mampu mengangkut penumpang lebih banyak sekitar 8 orang serta memiliki kabin lebih luas. Berbeda dengan SUV yang dapat mengangkut penumpang tidak sebanyak MPV.

 

  1. Kekuatan mesin

Sebagai karakter mobil sport, SUV memiliki kapasitas mesin yang cukup besar, yaitu di atas 1.500 cc. Mobil jenis ini cocok melewati jalanan off road. Sedangkan rata-rata MPV hanya dilengkapi mesin berkapasitas di bawah 1.500 cc.

 

  1. Bahan bakar

Dalam penggunaan bahan bakar, SUV biasanya lebih boros. Hal itu sangat wajar karena mobil ini memiliki fitur canggih pada tiap komponennya. Penyebab lain borosnya bahan bakar ialah penggunaan penggerak 4 roda. Kalau untuk MPV biasanya dirancang dengan sistem pengelolaan konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

 

  1. Fitur

Fitur yang dimaksud merupakan fasilitas bawaan pada mobil dengan tujuan memberi kenyamanan bagi pengendara dan penumpang. Biasanya mobil SUV disematkan fitur-fitur canggih dan modern. Tak heran jika harganya dibanderol mahal.

Fitur keselamatan SUV biasanya lebih mumpuni ketimbang MPV. Hal itu dapat dilihat dari 4 airbag yang dimiliki. Mobil SUV juga kerap menggunakan keyless system dengan tombol start-stop engine.

Sedangkan fitur pada mobil MPV juga tak kalah canggih dengan SUV. Karena fokusnya untuk kenyamanan berkendara, fitur-fitur hiburan seperti LCD monitor untuk mendengarkan musik, video, sampai monitor parkir sudah pasti tersedia. Meski begitu, nggak menutup kemungkinan beberapa mobil SUV dan MPV juga disematkan fitur tambahan yang mendukung performa, keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.