Home » Sejarah Mobil Listrik

Sejarah Mobil Listrik

by admin
sejarah mobil listrik
image source : bing.com

Oto-Bikes – Selamat datang di Oto-Bikes, sebuah web portal yang menyajikan berita dan artikel seputar dunia otomotif. Kali ini, kami ingin membahas tentang sejarah mobil listrik. Seiring dengan perkembangan teknologi, mobil listrik semakin populer dan menjadi alternatif yang ramah lingkungan. Namun, tahukah Anda bagaimana sejarah mobil listrik dimulai?

Awal Mula Mobil Listrik

Sejarah mobil listrik dimulai pada abad ke-19, tepatnya pada tahun 1832. Seorang ilmuwan Hungaria bernama Ányos Jedlik menciptakan prototipe mobil listrik pertama. Mobil ini menggunakan baterai yang dapat diisi ulang untuk menggerakkan mesinnya. Namun, mobil ini masih bersifat eksperimental dan belum diproduksi secara massal.

Pengembangan Mobil Listrik

Pada tahun 1891, William Morrison menciptakan mobil listrik yang pertama kali diproduksi secara massal di Amerika Serikat. Mobil tersebut dapat menempuh jarak 13 km dengan kecepatan maksimal 23 km/jam. Meskipun mobil listrik mulai diproduksi secara massal, namun mobil bertenaga bensin masih lebih populer di kalangan masyarakat.

Mobil Listrik di Abad ke-20

Pada awal abad ke-20, mobil listrik mulai dilupakan karena mobil bertenaga bensin lebih efisien dan dapat menempuh jarak yang lebih jauh. Namun, pada tahun 1960-an, mobil listrik kembali mendapat perhatian karena masalah polusi udara dan krisis minyak. Beberapa produsen mobil mulai mengembangkan mobil listrik sebagai alternatif yang ramah lingkungan.

Perkembangan Mobil Listrik di Era Modern

Pada tahun 1990-an, mobil listrik mulai diproduksi secara massal oleh beberapa produsen mobil seperti General Motors, Toyota, dan Honda. Namun, mobil listrik masih belum populer di kalangan masyarakat karena harga yang relatif mahal dan jarak tempuh yang terbatas. Pada tahun 2006, Tesla Motors memproduksi mobil listrik pertamanya yang dapat menempuh jarak 400 km dengan satu kali pengisian baterai.

BACA JUGA :  Tiket Motogp Mandalika

Mobil Listrik di Indonesia

Di Indonesia, mobil listrik masih belum populer karena harga yang relatif mahal dan belum ada infrastruktur pengisian baterai yang memadai. Namun, pemerintah Indonesia telah menetapkan target untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 29% pada tahun 2030. Salah satu caranya adalah dengan mendorong penggunaan mobil listrik dan membangun infrastruktur yang memadai.

Masa Depan Mobil Listrik

Mobil listrik diprediksi akan semakin populer di masa depan karena masyarakat semakin peduli dengan lingkungan dan harga bahan bakar yang semakin mahal. Beberapa produsen mobil telah merencanakan untuk memproduksi mobil listrik dengan harga yang lebih terjangkau dan jarak tempuh yang lebih jauh. Selain itu, pemerintah juga telah mendorong untuk membangun infrastruktur pengisian baterai yang lebih banyak dan mudah diakses oleh masyarakat.

Kesimpulan

Dari sejarah mobil listrik, dapat disimpulkan bahwa mobil listrik telah ada sejak abad ke-19 namun baru mulai populer di era modern. Meskipun masih belum populer di Indonesia, mobil listrik diprediksi akan semakin populer di masa depan karena faktor lingkungan dan harga bahan bakar yang semakin mahal.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.