Home » Cara Merawat Vespa Matic Agar Tetap Awet

Cara Merawat Vespa Matic Agar Tetap Awet

by Dikki Wahyu Afandi

OTOBIKES – Vespa matic tampilan nya tentu saja sangat menawan. Bahkan banyak sebagian dari orang yang ingin mempunyai motor vespa matic, selain harganya yang mahal tentu saja perawatannya pun sudah pasti mahal.

Maka dari itu jika kalian membeli kendaraan dengan harga yang cukup mahal, maka kalian juga harus siap dengan harga service nya juga yang lumayan mahal. Maka dari itu kalian harus merawat vespa matic kalian dengan sangat hati-hati, seperti mempunyai seorang anak yang tentunya harus di rawat dan di beri perhatian khusus dan extra ketat.

Jika kalian ingin vespa matic kalian awet agar tidak mudah bulak balik bengkel maka kalian harus menggunakan tips ini dikutip dari berbagai sumber:

 

  • Rutin Bersihkan Rem Belakang

Biasanya para pengguna vespa mengetahui kadang rem belakang vespa sering terkena masalah, terlalu keras, kurang pakem bahkan mudah macet saat digunakan tentu saja hal itu membahayakan orang yang membawa kendaraan.

Kalian harus sering membersihkan rem belakang dibagian atas kabel dekat rem atau tuas dekat paha rem tromol di roda menggunakan cairan penetren. Karena biasanya tanpa kita sadari masalah ini terjadi, karena kabel rem yang sudah mulai berkarat atau ckecipratan air hujan. Jika rem kalian masih bermasalah jika sudah di bersihkan maka kalian bisa mengganti rem kalian ke bengkel.

 

  • Tidak Telat Ganti Oli

Semua kendaraan motor matic biasanya jika sudah telat ganti oli itu menjadi masalah fatal bagi motor, karena bisa saja motor menjadi turun mesin, motor akan mudah cepat rusak dan tentunya biayanya akan sangat mahal.

Maka dari itu biasakan kalian rutin mengganti oli iya maximal 2 bulan sekali kalian bisa mengganti oli motor kalian.

BACA JUGA :  5 Tips Agar Sepeda Motor Matic Jadi Lebih Irit BBM

 

  • Panaskan Motor

Biasakan memanaskan mesin motor sebelum digunakan sekitar 5-10 menit, karena hal tersebut bisa bikin awer mesin motor kalian, karena agar bahan bakar juga tidak mengendap di tangka. Maka biasanya jika tidak di panaskan akan menimbulkan pembakaran menjadi tidak sempurna.

 

  • Gunakan Spare Part Asli

Jika beberapa komponen motor kalian rusak maka sebaiknya kalian mengganti dengan komponen yang aslinya, jangan yang kw karena hal itu mempengaruhi terhadap motor kalian, karena spare part original tentu saja memiliki kualitas yang lebih bagus di bandingkan dengan yang kw.

Menggunakan spare part asli juga ternyata daya tahannya akan lebih lama, maka kalian tidak perlu bulak balik ke bengkel untuk memperbaikinya jika kalian menggunakan spare part original.

  • Hindari Beban Lebih

Saat kalian mengendarai vespa matic maka kalian jangan mencoba sekali-kali bawa beban berat. Karena hal ini dapat menimbulkan beberapa komponen akan muudah rusak dan tentu saja hal tersebut dapat merusak mesin bisa saja terjadi kebocoran pada shockbreaker vespa kalian. (Erica R Feby)

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.