Home » Enggak Ribet! Inilah 5 Cara Mengatasi Motor Ngebul

Enggak Ribet! Inilah 5 Cara Mengatasi Motor Ngebul

by Dikki Wahyu Afandi

OTOBIKES – Motor ngebul yang mengeluarkan asap dari knalpot motor tentu saja hal ini terjadi kesalahan pada mesin motor kita. Biasanya hal itu terjadi karena kita tidak merawat motor kita dengan baik.

Maka dari itu munculah asap yang tebal keluar dari knalpot motor kita pada saat mesin di nyalakan.

Jika motor kita mengeluarkan asap maka hal itu juga biasanya menjadi salah satu masalah yang cukup mengganggu lingkungan sekitar.

Warna asap yang di keluarkan oleh motor biasanya dapat memberi petunjuk tentang masalah yang terjadi pada mesin.

Biasanya asap yang di keluarkan dari motor ada dua warna yaitu asap putih dan asap hitam, biasanya jika mesin mengeluarkan asam hitam berarti mesin mengalami pembakaran yang tidak sempurna yang di sebabkan oleh banyak faktor.

Mengutip dari berbagai sumber, jika asap putih biasanya itu karena ada air yang tercampur dengan bahan bakar, hal ini juga sama dapat di sebabkan karena beberapa faktor.

Jika mesin anda mengalami hal tersebut atau mengeluarkan aspa dari mesin maka berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan.

 

  • Ganti oli

Biasanya hal ini karena pengguna kendaraan lupa mengganti oli sehingga oli kotor atau oli habis hal itu dapat menghasilkan residu yang mengganggu pembakaran dalam mesin.

Maka dari itu kalian bisa rutin untuk mengganti oli kalian dan jangan sampai telat.

 

  • Filter udara atau penyaring udara

Kalian bisa membersihkan filter udara atau mengganti filter udara, biasanya udara yang kotor juga dapat mempengaruhi pembakaran pada mesin kendaraan anda yang buat motor kalian menjadi mengebul dan mengeluarkan asap.

 

  • Gunakan bahan bakar yang sesuai
BACA JUGA :  2022 Hyundai Tucson XRT 'Pendirian' VS Kompetisi

Jika kalian tidak menggunakan bahan bakar yang sesuai, maka dapat mengakibatkan pembakaran yang tidak sempurna dan tentu saja akan menghasilkan asap yang berlebih pada kendaraan.

Karena tanpa kalian sadarai kualitas bahan bakar ternyata berperan penting dalam kinerja mesin.

 

  • Cairan pembersih

Kalian bisa mencari cairan pembersih di toko suku cadang atau bengkel, kalian bisa menggunakan additive pembersih yang dapat membantu menghilangkan atau membersihkan sistem bahan bakar dan ruang bakar.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.