Home » Salesman Hebat (parts 5) Cek 7 Kemampuan Yang Wajib Dikuasai Salesman Hebat » Halaman 2

Salesman Hebat (parts 5) Cek 7 Kemampuan Yang Wajib Dikuasai Salesman Hebat

by admin

Berapa banyak kantor PNS, swasta, sekolah, pasar, minimart, warung, apotik, dll?.

Berapa banyak data konsumen yang sudah anda dimiliki? Berapa yang belum tersentuh?

Baca Juga: Salesman Hebat (Parts 3), Kunci Sukses Menjadi Salesman Hebat 80% Motivasi, Benarkah?

Berapa Jumlah penduduk, Gender, Adat istiadat dan budaya, income penduduknya dari mana saja, mana daerah gemuk dan kurus, seasonal even yang mempengaruhi minat beli, dll. Berapa banyak yang punya HP, group WA, melek internet, medsos, dll?.

Ibaratnya perang inilah penguasaan medan, yang tidak tahu medan, akan terlibas. Jadi, kuasailah wilayah anda dengan sebaik-baiknya. Supaya tidak salah target, tidak salah tembak, buang buang waktu sia-sia.

5) Kedekatan Dengan Konsumen

Berapa banyak konsumen/pelanggan anda? Berapa orang yang dekat atau kenal baik?

Bangunlah kedekatan hubungan dengan semua konsumen. Apalagi yang punya pengaruh di lingkungannya. Konsumen diharapkan akan beli dan beli lagi, apabila sukses meyakinkan dan puas dalam pembelian pertama. Idealnya, dalam 2-3 tahun, salesman tidak perlu bersusah payah mengejar konsumen baru. Gunakanlah kedekatan hubungan dengan pelanggan lama untuk mendorong pembelian kembali. Pelirahalah hubungan dengan semua konsumen yang telah melakukan pembelian. Buatlah kontak rutin dengan mereka, minimal sebulan sekali. Jangan terlalu sering juga, bisa marah.

6) Solusi Pembayaran

Kondisi semua konsumen hampir sama, ada yang siap uang ada yang tidak siap. Ada yang nunggu gajian, ada yang nunggu panen, nunggu bonus, dll. Solusi pembayaran harus dikuasai, tidak semua bisa cash. Pembayaran kebanyakan melalui kredit, kuasailah sektor ini. Pelajari cara cara pembayaran melalui Bank, Leasing, BPR, Keperasi, dan lainnya.
Programnya juga berbeda beda, pelajari dengan saksama. Pembayaran secara syariah juga makin marak, kuasailah. Termasuk lembaga pembiayaan yang sudah menyediakan.

BACA JUGA :  Alessa eX3000, Motor Listrik Buatan Lokal Siap Melaju

7) Digital Media

Siapa tidak melek digital, akan ketinggalan. Pembelian barang melalui jalur online kian marak. Dulu, 80%-90% hanya wilayah Jabotabek, sekarang berangsur-angsur menyebar ke penjuru negeri. One to one selling, jualan ketemu langsung makin sulit, apalagi pandemi. Kemampuan jual tanpa berhadapan langsung semakin diperlukan. Bisa telpon, WA, email ataupun melalui medsos dan media online lainnya.

Baca Juga: Salesman Hebat (part 4), Strategi Sukses Menjadi Salesman, Mengejar Uang atau Karir di Posisi Puncak


Salesman sekarang harus tampil gaul dan skill unggul di digital. Punya MEDSOS yang tampil keren dan menjual, jangan isi dengan konten tak bermutu. Berlatih membuat konten yang menarik, poto, video, kata kata, kalimat yang mempesona konsumen. Berlatih memviralkan konten anda, banyak cara cara yang kita bisa pelajari dari orang yang telah berhasil.
Kapan kapan kita bahas detil bab ini, pasti seru!.

Agustus 2021

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.